Menguak Motif Bripka Reynaldi Prakoso Terlibat Jual Beli Senjata Api Ilegal

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Salah satu Anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya Bripka Reynaldi Prakoso telah ditangkap usai terlibat kasus jual beli senjata secara ilegal. Senjata api yang dibeli oleh Bripka Reynaldi itu dibeli secara online atau e-commerce.

DPR Rencana Revisi UU Polri

"Sementara motifnya, saya tegaskan lagi tidak ada hubungannya dengan teror. Pertama tidak masuk dalam jaringan, kemudian juga niatnya, mensrea terornya juga tidak ada karena memang tidak saling mengenal, via online mereka berhubungan, pesen senjata dan lain sebagainya tapi tetep merupakan suatu pelanggaran," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan yang dikutip Sabtu 19 Agustus 2023.

Kata Hengki, pabrik senjata api yang dibeli oleh Bripka Reynaldi ternyata ada di Semarang, Jawa Tengah. Menurutnya, Bripka Reynaldi dan penjual senjata api itu tidak saling mengenal. 

Pegawai Kemenhub Dipolisikan Istri Gara-gara Injak Al-Quran

"Kami sudah ungkap kemarin pabrik modifikatornya di Semarang ya, kita tangkap juga penerima-penerima senjata apinya, kemudian kita dapatkan beberapa alat bukti, nanti pada waktunya akan kami rilis secara bersamaan," kata dia.

Ilustrasi senjata api.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah
Massa Gelar Aksi di Mabes Polri, Dukung Kapolri Berantas Premanisme di Muratara

Penangkapan Bripka Reynaldi dipastikan tidak terkait aksi terorisme. Pasalnya, dia beli senjata api karena hobi.

"Kemudian, motif Reynaldi itu tidak ada hubungannya (dengan terorisme), dia hanya hobi senjata aja," bebernya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan tiga oknum anggota polisi yang ditangkap baru-baru ini oleh pihaknya tidak terkait kasus yang menyeret DE (28), karyawan PT KAI yang diduga terlibat aksi terorisme.

"Terkait anggota Polri (yang ditangkap), anggota Polri tidak ada hubungan dengan jaringan teror," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi di Markas Polda Metro Jaya, Jumat 18 Agustus 2023.

Hengki menjelaskan ketiganya ditangkap terkait kasus penjualan senjata api ilegal bukan terkait aksi terorisme yang menyeret DE. Ketiganya adalah Bripka Reynaldi Prakoso anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, kemudian Bripka Syarif Mukhsin anggota Renmin Samapta Polresta Cirebon Kabupaten dan Iptu Muhamad Yudi Saputra Kanit Reskrim Polsek Bekasi Utara.

"Informasi ini perlu kami luruskan. Operasi kami tetap lanjut, masih banyak senjata belum kami sita. Kami koordinasi dengan Densus dan Pom TNI," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya