Masih Ada 3 Orang Hilang, Kemenhub Kerahkan Kapal Patroli KPLP Cari Penumpang KM Dewi Noor 1

Pencarian korban kapal tenggelam.
Sumber :
  • Dokumentasi KLPP.

JakartaKapal Motor (KM) Dewi Noor 1 mengalami kecelakaan di Perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu 19 Agustus 2023 dinihari tadi. Akibatnya masih ada tiga orang hilang karena KM Dewi Noor 1 tenggelam.

Janda di Bandar Lampung Ditipu Dukun Alami Kerugian Rp81 Juta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) langsung menurunkan kapal patroli KPLP guna membantu upaya evakuasi dan pencarian korban tenggelam.

"KPLP telah secara cepat merespons situasi ini dengan mengirim tim evakuasi dan SAR ke lokasi kejadian," ujar Direktur KPLP, Rivolindo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 Agustus 2023.

12 Tersangka Perundungan Siswa SMA Internasional di Tangsel Segera Diadili

Rivolindo pun menjelaskan bahwa KM Dewi Noor 1 tenggelam di perairan Kepulauan Seribu pada koordinat 5°54'371"S - 106°42'100"E, antara Timur Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari.

Ilustrasi pencari korban kapal tenggelam.

Photo :
  • Antara/Adhitya Hendra
Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

"Dalam upaya penyelamatan ini, satu korban dinyatakan meninggal dunia, tiga orang belum ditemukan, dan sebelas orang berhasil selamat, satu di antaranya mengalami kondisi sakit," ucap dia.

Kata Rivolindo, KPLP bersama lembaga lainnya terus giat melakukan pencarian terhadap tiga orang yang masih belum ditemukan.

"Kami terus berupaya untuk menemukan ketiga korban yang belum ditemukan. Kapal KPLP masih melanjutkan pencarian di sekitar lokasi kejadian. Kami akan terus memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan situasi ini. Kami berterima kasih atas perhatian dan kerjasamanya dalam upaya penyelamatan dan pencarian korban ini," bebernya.

Seperti diketahui, dalam kecelakaan tersebut 12 orang yang berhasil dievakuasi tersebut berkurang karena ada satu orang yang dinyatakan tewas dan 11 orang lainnya selamat. Dia menyebutkan 1 penumpang yang selamat masih menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati.

Berikut rincian daftar korban KM Dewi Noor 1 yang tenggelam di Kepulauan Seribu:

Korban Selamat

1. Wahyu (39)

2. Wahyudi (40)

3. Darto Bin Amadisa (43)

4. Parman (49)

5. Jaka Nugraha (38)

6. Satori (39)

7. Rianto (17)

8. Tajudin (45)

9. Zaenal (47)

10. Suryana (72)

Korban Luka Parah:

1. Jayadi (35) dirujuk ke RS Polri Kramat Jati

Korban Meninggal Dunia:

1. Aan (47) dievakuasi menuju RS Polri Kramat Jati

Korban Dalam Pencarian:

1. Nedin

2. Rebek

3. Belum diketahui/tanpa nama (anak Nedin).

Fazzli menegaskan bahwa proses pencarian korban yang hilang karena tenggelam itu masih akan dilakukan hingga malam hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya