Heru Budi Pertimbangkan ASN WFH 50% Sampai Musim Hujan Tiba

PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku bakal menerapkan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) 50 persen sampai musim hujan tiba.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Diketahui, WFH 50 persen bagi ASN DKI Jakarta merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Adapun pelaksanaan WFH itu mulai diberlakukan dari 21 Agustus hingga 21 Oktober 2023 mendatang.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu juga menyebut akan segera mengevaluasi efektivitas kebijakan WFH tersebut dalam mengurangi polusi udara. Menurutnya, jika sampai September belum ada tanda-tanda turunnya hujan, WFH 50 persen dilanjutkan sesuai rencana.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kompleks Balai Kota DKI Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

"Nanti kami evaluasi, kalau sudah menjelang musim hujan, kami mungkin sampai dengan September, secara bertahap nanti kita cek satu persatu," ujar Heru Budi kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Senin, 11 September 2023.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi awal musim hujan terjadi mulai bulan November 2023 hingga April 2024. Namun, musim hujan tak terjadi serentak di seluruh wilayah karena memiliki iklim berbeda-beda.

Selain WFH, upaya mengatasi masalah polusi udara di antaranya yaitu tilang emisi secara bertahap hingga water mist di gedung-gedung tinggi.

"Kendaraan yang berlalu lintas di Jakarta itu juga harus kita tegakkan uji emisi. Memang namanya polusi tidak bisa Jakarta sendiri, tapi harus Jabotabek, tidak bisa sendiri untuk mengatasi itu. Maka dari itu teman-teman dari Bodetabek memberikan saran dan tolong Bupati, Wali Kota, kita sama-sama menurunkan polusi di Jabodetabek," ujar Heru Budi di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2023.

Selain uji emisi, Heru Budi juga mengaku jajarannya di Pemprov DKI terus melakukan penanaman pohon di sejumlah kawasan sebagai salah satu upaya penurunan polusi. 

Upaya yang lainnya adalah mendorong pemakaian kendaraan listrik. Khusus untuk transportasi umum, Jakarta sudah menyiapkan sekitar 100 bus listrik tambahan di bulan ini yang siap beroperasi.

Heru Budi juga meminta agar seluruh ASN DKI beralih ke kendaraan umum, menggunakan kendaraan listrik.

Lebih lanjut, Heru Budi mengatakan, pihaknya tengah mengatur teknis dan konsep untuk pelaksanaan water mist atau penyemprotan dari atas gedung-gedung tinggi.

"Saya secara bertahap kepada industri, gedung-gedung tinggi di pemerintah daerah, DKI, untuk bersama-sama mass water bangunan milik Pemda DKI, Wali Kota, begitu juga bangunan BUMN kita bersama-sama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya