Heru Budi Sebut Hampir Seluruh Gedung Pemprov DKI Sudah Pasang Water Mist

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebutkan, hampir seluruh gedung milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah menggunakan alat penyemprot air atau water mist guna memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Sudah hampir semua," ujar Heru Budi Hartono di Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis, 14 September 2023.

Di sisi lain, Heru Budi menyebutkan,  pemasangan alat water mist di gedung-gedung tinggi swasta juga terus bertambah jumlahnya. 

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu memastikan Pemprov DKI Jakarta bakal terus berusaha mengurangi polusi udara di Ibu Kota, meskipun sempat membaik saat penyelenggaraan KTT ASEAN pada pekan lalu.

Penampakan Water Mist di Balaikota DKI Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.
Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

"Solusi dari masalah polusi udara ini harus jangka panjang. Apalagi tahun depan kita juga masih menghadapi musim kering yang sama," kata Heru Budi.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya mengklaim bahwa kualitas udara di Ibu Kota membaik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN berlangsung. 

KTT ke-43 ASEAN itu dilaksanakan pada 5-7 September 2023 lalu. Heru Budi meminta agar kualitas udara yang baik itu tetap dijaga dalam waktu jangka panjang, bukan hanya saat KTT ASEAN saja.

"Alhamdulillah yang pertama udara di Jakarta membaik tetapi Ini kan harus jaga," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Senin, 11 September 2023.

Heru Budi juga mengungkapkan berbagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengatasi permasalahan kualitas udara di Ibu Kota. Upaya tersebut di antaranya yaitu tilang emisi secara bertahap hingga water mist di gedung-gedung tinggi.

Selain uji emisi, Heru Budi juga mengaku jajarannya di Pemprov DKI terus melakukan penanaman pohon di sejumlah kawasan sebagai salah satu upaya penurunan polusi. 

Upaya yang lainnya adalah mendorong pemakaian kendaraan listrik. Khusus untuk transportasi umum, Jakarta sudah menyiapkan sekitar 100 bus listrik tambahan di bulan ini yang siap beroperasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya