Belasan Aktivis Greenpeace Diamankan Buntut Demo Masuk Kolam Bundaran HI

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komaruddin
Sumber :
  • Antara

Jakarta -- Polisi mengamankan beberapa aktivis Greenpeace yang menggelar aksi unjuk rasa menolak oligarki di Bundaran Hotel Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Oktober 2023 pagi.

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin membenarkan bahwa pihaknya mengamankan sejumlah massa yang melakukan aksi unjuk rasa tersebut. Ada belasan orang yang diamankan.

“Saat ini ada sekitar 12-an (yang diamankan). Nanti ke Polsek Menteng aja,” uja dia kepada wartawan, Jumat, 6 Oktober 2023.

Geger Aktivis Dipenjara 5 Tahun karena Kecam Negaranya Pro-Israel

Belasan aktivis itu diamankan karena nekat masuk ke area kolam Bundaran HI. Padahal, mereka telah dihimbau tidak melakukan hal tersebut.

Kendaraan melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Rumah Pemenangan Prabowo-Gibran di Menteng Dibobol Maling

“Iya seperti itu. Kemudian berhenti di HI dan masuk ke areal kolam. Sudah diberikan himbauan oleh petugas namun  tidak diindahkan dan sekitar 10 hingga 12 orang menyeburkan diri, membawa dengan memasukkan barang-batang tersebut dan langsung kita amankan,” katanya.

Meski begitu, mantan Kapolres Metro Tangerang Kota ini tak merinci identitas aktivis yang diamankan. Dia menyebutkan, belasan aktivis itu masih diperiksa intensif. “Iya (sekarang masih diperiksa di Polsek Menteng),” kata Komarudin lagi.

Adapun dalam siaran langsung akun Instagram @greenpeaceid, para aktivis membawa monster gurita berwarna merah yang diletakkan pada kolam di bawah patung ‘Selamat Datang’ Bundaran HI. Mereka mengajak masyarakat untuk bergabung bersama melakukan aksi unjuk rasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya