Serunya Lebaran, Warga Tasikmalaya Nyawer Uang di Kolam

Tradisi Nyawer Uang di Kolam saat Lebaran di Tasikmalaya
Sumber :
  • Denden Ahdani

Tasikmalaya – Banyak warga Muslim merayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah dengan sukacita, termasuk Iman Hidayat dari Argasari, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, yang melakukan tradisi nyawer atau menebar uang di kolam. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan syukur atas datangnya hari raya Idulfitri.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Iman Hidayat mengumpulkan teman-teman, kerabat, dan warga setempat untuk berbagi sukacita. Setelah semua berkumpul, dia menebar uang di kolam dan uang tersebut diburu oleh para warga.

"Tradisi nyawer ini sudah menjadi bagian dari kami untuk menyambut lebaran dengan sukacita. Sudah menjadi kebiasaan dari tahun ke tahun," kata Iman Hidayat.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Tradisi Nyawer Uang di Kolam saat Lebaran di Tasikmalaya

Photo :
  • Denden Ahdani

Baginya, jumlah uang yang ditebar bukanlah hal utama. Yang terpenting adalah bersama keluarga dan orang-orang terdekat dapat merayakan Idulfitri dengan penuh kegembiraan. Selain sebagai bentuk syukur, tradisi nyawer ini juga dipercaya sebagai tolak bala.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

"Walaupun tidak tahu berapa jumlah uang yang ditebar, yang terpenting adalah kami merayakan lebaran dengan bahagia. Semua keluarga dan warga berkumpul di sini. Tradisi ini juga sebagai bentuk perlindungan dari bahaya," tambahnya.

Warga sangat antusias saat uang ditebar di kolam. Meskipun dalam kolam, mereka dengan semangat mengejar uang yang telah ditebar, mulai dari pecahan Rp 2.000 hingga Rp 100.000. (Denden Ahdani/Tasikmalaya)

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024