Stafsus Presiden Diaz, Ingin Proyek Swasta dan Pemerintah Pakai Semen Ramah Lingkungan

Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden
Sumber :
  • Istimewa

 Bogor – Penggunaan semen yang ramah lingkungan, menurut Staf Khusus Presiden Jokowi, Diaz Hendropriyono, perlu didorong. Apalagi yang mereka hasil kelola limbah industri dan limbah kota.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dalam kunjungannya ke pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), di Bogor, Diaz mendorong itu. Dimana mereka memproduksi semen ramah lingkungan sekaligus kelola limbah industri dan limbah kota.

"Indonesia punya target pengurangan emisi pada tahun 2030 baik dengan bantuan maupun tanpa bantuan internasional. Apakah semua sektor siap untuk ikut membantu atau ikut mengimplementasikan kebijakan dan target yang telah ditetapkan pemerintah. Energi, transportasi hingga agrikultur sudah dianalisa karena emisinya yang besar," jelas Diaz, dikutip Jumat 20 Oktober 2023.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Menurut Diaz, peran industri semen ramah lingkungan bisa lebih didorong dan didukung pemanfaatannya di proyek-proyek pemerintah serta swasta.

Sedangkan Direktur Utama SBI, Lilik Unggul, mengaku industri semen menyumbang 7 % emisi secara global. Secara nasional industri semen jadi kontributor mayoritas di sektor proses industri dan penggunaan produk (IPPU). Maka sangat penting bagi penurua emisi  dari proses produksi semen akan sangat bermanfaat bagi pencapaian target ENDC.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

SBI turut memiliki fasilitas terintegrasi untuk mengolah limbah dengan kapasitas 160 ribu ton per tahun. "Jika limbah yang ada bisa dikelola terus menerus sebagai bahan alternatif, akan lebih banyak batu bara yang bisa disubtitusi", jelas Diaz 

Melalui co-processing, setidaknya pabrik semen SBI berhasil mengganti 17 % penggunaan batu bara dengan bahan alternatif dari limbah.

RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024