Ramai Capres dan Cawapres Daftar ke KPU, Dulu Jokowi Mendaftar Pakai Sepeda

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Jakarta – Sebelum resmi menjadi presiden RI, Joko Widodo sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial beberapa tahun lalu ketika dirinya mendaftarkan diri sebagai capres ke KPU RI. Pada periode pertama, Jokowi didampingi oleh Jusuf Kalla sebagai wakil presiden. 

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Setelah mendeklarasikan diri menjadi pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 di Gedung Joang 45, keduanya langsung mendaftarkan diri ke KPU dengan menggunakan sepeda dari kediaman Megawati di Jl. Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat. 

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla

Photo :
  • ANTARA FOTO
DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Dalam perjalanan menuju KPU, banyak relawan yang mendampingi pasangan Jokowi-JK yang kala itu baru dideklarasikan. Kemacetan pun terjadi di sepanjang Jl. Teuku Umar menuju Taman Suropati, Jl. Diponegoro, hingga Jl. Imam Bonjol tempat Kantor KPU. 

Pada saat itu, Jokowi dan JK tiba di kantor KPU pukul 14.05 WIB dan disambut oleh ratusan massa pendukung yang sebelumnya sudah memadati kantor KPU. Mereka meneriakan yel-yel dukungan untuk Jokowi-JK sembari mengibarkan bendera dukungannya. 

Kecanduan Judi Online, Pasangan Siri Nekat Curi Barang di Swalayan

Anies-Cak Imin Daftar ke KPU

Capres Cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar naik jeep mendaftar ke KPU

Photo :
  • Ist

Sementara itu, saat ini sejumlah pasangan yang telah mendeklarasikan sebagai capres dan cawapres dalam Pemilu 2024 mendatang bersiap untuk mendaftarkan diri ke KPU. Misalnya pasangan capres Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar

Rangkaian acara dari pasangan Anies-Cak Imin ini dimulai sejak subuh tadi dan dikawal oleh partai pengusung serta para relawan. Dalam agenda yang diterima, pasangan yang disebut sebagai AMIN ini memulai rangkaian sejak subuh tadi. 

Kegiatan awal yang diikuti oleh Anies dan Cak Imin adalah meminta restu kepada kedua orang tua karena hal tersebut sebagai bentuk etika moral dan akhlak seorang anak. Selanjutnya, mereka menyambangi kantor PKS, PKB, dan NasDem sebagai partai pengusung. 

Rangkaian ini dilanjutkan dengan pasangan AMIN yang datang ke KPU untuk mendaftarkan diri. Mereka ke KPU dengan menggunakan mobil jeep terbuka sembari menyapa para relawan yang menyempatkan hadir. Mereka juga menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU.

Setelah itu, keduanya akan melakukan orasi pendek sambil bergerak menuju Bundaran HI. Setelah itu, paslon yang berasal dari koalisi perubahan tersebut akan kembali menggunakan kendaraan umum untuk kembali ke tempat masing-masing. 

Ganjar-Mahfud MD Juga Akan Mendaftar Hari Ini

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tidak mau kalah dengan pasangan Anies-Cak Imin, paslon yang digawangi oleh PDIP ini juga akan mendaftarkan diri ke KPU pada hari ini, Kamis, 19 Oktober 2023. Keduanya dijadwalkan datang ke KPU pada pukul 11.00 WIB siang nanti. 

Titik kumpul keberangkatan sudah ditentukan yaitu berada di Tugu Proklamasi yang berada di Jl. Proklamasi nomor 10, RT 10/RW 2, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Rombongan akan didampingi oleh seluruh komponen dari PDIP, PPP, Hanura, Perindo, dan relawan. 

Meski akan mendaftar pada pukul 11.00 WIB, pihak PDIP tidak mempersoalkan jika nantinya pasangan Anies-Cak Imin melebihi waktu yang telah disediakan. Sebab, pasangan Anies-Cak Imin mendapatkan jadwal pendaftaran pada pukul 08.00 WIB tadi. 

Selain itu, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri juga akan turut mendampingi pasangan calon presiden dan wapres tersebut. Setelah itu, rombongan Ganjar-Mahfud MD akan langsung pulang setelah mendaftar dan tidak akan ada orasi di sana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya