Personel Polisi yang Kawal Debat Cawapres di JCC Lebih Banyak dari Sesi Pertama, Ini Alasannya

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Sedikitnya ada 2.464 personel polisi diterjunkan guna mengawal jalannya debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Tanah Abang, Jakarta Pusat, malam ini.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

"Total (personel pengamanan) Polri 2.464 personel," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat 22 Desember 2023.

Adapun ribuan personel tersebut terdiri dari 166 personel Satgaspus, 298 Satgasres. Kemudian, sisanya adalah personel Satgasda. Eks Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menyebut, disiapkan pula rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan JCC.

Kakorlantas Titip Pesan Ini ke Personel Polri Saat Amankan KTT WWF di Bali

Hal tersebut dilakukan tak lain guna mengantisipasi terjadinya kemacetan. Meski begitu, pria yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jawa Barat ini mengatakan, rekayasa lalin tersebut sifatnya situasional.

Ribuan personel gabungan jaga KPU guna pengamanan debat perdana Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito
Kakorlantas Polri Lepas 2.446 Personel Pengamanan KTT WWF di Bali Hari Ini

"Untuk rekayasa lalu lintas masih situasional," katanya lagi.

Adapun jumlah personel yang dikerahkan dalam debat cawapres di JCC lebih banyak ketimbang saat debat pertama calon presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember lalu.

Sebelumnya, total ada 2.000 personel diterjunkan guna mengawal jalannya debat perdana calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Selasa, 12 Desember 2023.

"Seluruh personel yang dilibatkan dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2.000 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin, 11 Desember 2023.

Diketahui, debat cawapres Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat 22 Desember 2023. Debat rencananya akan dimulai sekira pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi sambutan debat pertama Pilpres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Ketua KPU Hasyim As'syari mengatakan tidak ada perubahan format debat. Dia menjelaskan fomat debat akan sama seperti debat capres yang terdiri dari enam segmen.

Debat dilanjutkan dengan masing-masing cawapres menjawab pertanyaan dari moderator yang sudah dirumuskan oleh 11 panelis pada segmen kedua dan ketiga.

Adapun tema debat kedua ini ialah ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya