Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Menyisakan 130 Ton Sampah

Suasana Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Bundaran HI
Sumber :
  • VIVA / Isra Berlian

Jakarta – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI (DLH) Jakarta, Asep Kuswanto, mengungkapkan jumlah sampah yang terkumpul selama malam perayaan tahun baru 2024 di seluruh Jakarta mencapai 130 ton. Sampah tersebut, kata Asep, lebih banyak dari perayaan tahun baru sebelumnya, yang mencapai 74 ton.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Jumlah ini merupakan jumlah terbesar setelah melewati masa pandemi. Tahun lalu sebanyak 74 ton. Sedangkan sebelum pandemi, pada pergantian tahun 2019 ke 2020 sampah mencapai 125 ton. Tadi malam sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah," ujar Asep dalam keterangan resminya, Senin, 1 Januari 2024.

Dalam pelaksanaannya, DLH DKI menerjunkan sebanyak 3.180 petugas untuk membersihkan sampah di berbagai kawasan perayaan malam tahun baru. Adapun petugas dibagi menjadi empat shift tanpa henti.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Drone Membentuk Bendera Merah Putih di Sudirman-Thamrin saat Tahun Baru 2024

Photo :
  • TvOne/ Tangkapan Layar

"Kami menerjunkan 3.180 petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Petugas kebersihan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti," ucap Asep.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Di sisi lain, Asep mengatakan pihaknya juga dibantu oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru. Maka itu ia mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan yang telah berhasil membersihkan sampah-sampah di titik keramaian perayaan tahun baru di Jakarta.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan DLH. PPSU, Para petugas Satpol PP, Dishub, Distamhut, semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi," ujarnya.

Asep mengimbau kepada seluruh masyarakat yang merayakan tahun baru di Jakarta tidak membuang sampah sembarangan. Sampah sebaiknya dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan. Sampah-sampah tersebut, kini diangkut untuk diolah di TPS 3R.

Diketahui, Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, menjadi salah satu titik perayaan malam tahun baru 2024. Polisi memperkirakan 30 ribu orang akan memadati kawasan Bundaran HI malam ini, Minggu 31 Desember 2023.

(Ilustrasi) Truk sampah

Photo :
  • Sherly / VIVA.

"Diperkirakan kepadatan di Bundaran HI mencapai 30 ribu. Sementara di tiap panggung bisa 3 sampai 5 ribu. Total yang berkumpul di Bundaran HI sekitar 50 ribu," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan, Minggu, 31 Desember 2023.

Dengan perkiraan itu, Susatyo menyebut pihaknya menyiapkan jalur evakuasi darurat. Jalur itu akan digunakan jika masyarakat nantinya membutuhkan pertolongan. 

"Sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga kami juga harus menyiapkan jalur evakuasi darurat apabila ada yang sakit dan lain sebagainya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya