Ketinggian Banjir di Wilayah Jaksel Capai 100 Cm, BPBD Siagakan Perahu Karet

Banjir di Pejaten Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Sejumlah wilayah Jakarta Selatan sampai dengan saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. Ada beberapa titik yang mencapai ketinggian di angka 100 centimeter.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Kepala Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Mohamad Yohan mengatakan bahwa terdapat 11 RT yang terdampak akibat banjir tersebut. Tetapi sejumlah RT tersebut berbeda lokasi, yakni wilayah Pondok Karya, Mampang Prapatan.

"Iya, tiap RT beda-beda. jadi mungkin itu yang deket banget sama kali ya. cekungan gitu. jadi gak bisa disamaratain semuanya 100 itu kan titik tertinggi. Kan yang di data masuk itu masih 30 cm kan. itu yang tadi saya kirim fotonya yg 30 cm,” ujar Yohan kepada wartawan, Kamis, 4 Januari 2024.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Tetapi, Yohan menegaskan bahwa meski banjir sudah capai 100 centimeter para warga yang kampungnya terendam banjir enggan di proses evakuasi. Pasalnya, banjir tersebut dengan mudah akan surut secara cepat.

Tim SAR dengan perahu karet mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat malam, 21 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Maka itu, Yohan belum berani menyimpulkan warga yang mau di evakuasi. Tetapi, BPBD menyiapkan dua perahu karet di lokasi.

“Nah itu dia yang kita lagi tunggu juga nih, karena pengalaman kami ya mau setinggi apapun ada warga yang enggak mau ngungsi. Karena cepet surut gitu. Ada 1 perahu karet dari Basarnas dan 1 perahu karet BPBD,” kata dia.

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Landa Beberapa Titik di Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Perihal penyebab terjadinya banjir, kata Yohan, bukanlah karena hujan yang terjadi lokasi tersebut. Akan tetapi karena luapan kali Mampang sehingga terhadi banjri di kawasan tersebut.

“Iyah. Luapan kali mampang gitu. Genangan air itu muncul akibat limpahan dari Kali Mampang yang meluap,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya