Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Viral di media sosial sekelompok pemuda melakukan pungutan liar (pungli) di trotoar depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan oknum tersebut telah berhasil ditertibkan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Tiap hari dibisikin sama Pak Satpol PP, pak tadi pagi ada di Senayan itu ada anak cepek-cepek minta di situ itu udah ditertibkan," kata Heru kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Maret 2024.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Heru memastikan oknum pemuda yang melakukan pungli telah berhasil ditertibkan oleh Satpol PP dan dibantu dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Sudah ditertibkan oleh Dinas Perhubungan dan Satpol PP, ada sekali lagi kaya gitu ditindak," katanya.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengaku telah menjalin koordinasi dengan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin untuk menertibkan oknum pungli di Senayan.

"Untuk penertiban Pak Ogah yang menyalahgunakan pemanfaatan trotoar tersebut, saya sudah berkoordinasi dengan Kasatpol PP untuk dilakukan penertiban," katanya.

Syafrin pun menjelaskan sengaja dilakukan pembangunan trotoar landai bertujuan untuk mempermudah pejalan kaki. "Memang desain trotoar dibuat landai untuk memudahkan pejalan kaki dalam mengakses trotoar," tuturnya.

Sebagai informasi, aksi pungutan liar (pungli) viral di media sosial dilakukan oleh sekelompok pemuda di kawasan depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat

Photo :
  • Istimewa

Salah satu media sosial yang mengunggah pungli itu ialah Instagram @fakta.jakarta. Dalam video tersebut terlihat sejumlah pemuda meminta uang kepada pengguna sepeda motor apabila ingin melintasi trotoar landai di kawasan Gedung DPR RI. Aksi tersebut dilakukan setiap sore.

"Sekelompok pemuda pungut jasa naik ke trotoar bagi pemotor yang melintas depan gedung DPR," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya