H-5 Lebaran 2024, Bandara Soekarno-Hatta Dipadati 170 Ribu Penumpang

Situasi penumpang di Terminal 3 Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mencatat, sebanyak 170.621 pergerakan penumpang terjadi pada H-5 lebaran, atau 5 April 2024.

Berdasarkan data yang diterima, 170.621 penumpang yang memadati Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), terdiri dari 95.440 keberangkatan dan 75.181 kedatangan. Secara total, angka ini pun mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan H-6 lebaran atau 4 April 2024, yakni 138.721 penumpang.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, angka tersebut masih mengalami peningkatan hingga puncak arus mudik yang terjadi besok, 6 April 2024.

Suasana penumpang di area check in bandara soekarno-hatta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

"Angka ini terus meningkat sampai puncaknya besok di 6 April 2024 dengan 188 ribu penumpang," katanya, Jumat, 5 April 2024.

Dia melanjutkan, total pergerakan penumpang didominasi oleh keberangkatan domestik. Berdasarkan data, mudik lebaran 2024 ini tujuan tertinggi untuk domestik yakni, Denpasar, Surabaya dan Medan.

"Dari data airlines yang kita dapat, untuk domestik didominasi Denpasar, Surabaya dan Medan. Sementara untuk internasional, yakni Singapura," ujarnya.

Dalam arus mudik lebaran 2024 ini, pengelola bandar udara juga telah mempersiapkan fasilitas, serta penguatan personel. Dimana, untuk fasilitas pun dipastikan siap, seperti fasilitas sisi udara antara lain runway, garbarata, visual docking guidance system (VDGS).

Kemudian, fasilitas keamanan seperti walkthrough metal detector (WMTD), body scanner, x-ray dan CCTV. Kemudian juga fasilitas Airprot Rescue and Fire Fighting (ARFF) yaitu armada kendaraan utama dan kendaraan pendukung untuk keadaan darurat.

"Kami juga sudah melakukan uji stres (stress test) terhadap fasilitas-fasilitas yang ada, serta inspeksi keselamatan (ramp check) di terminal penumpang maupun sisi udara," ungkapnya.

Bandara Soekarno-Hatta juga telah menyiapkan Airport Operation Control Center (AOCC) yang dilengkapi peralatan modern sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder di bandara. Serta, dilengkapi Land Transport Control Center (LTCC) sebagai pusat pengendali layanan transportasi darat, dan juga Airport Infrastructure Control Center (AICC) guna memonitor infrastruktur vital. 

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS
Sejumlah penumpang KM Bukit Raya yang masih bertahan di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kamis 25 April 2024 malam.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ribuan Calon Penumpang KM Bukit Raya Gagal Berangkat ke Surabaya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024