Sudirman Said Dinilai Pantas Maju Pilgub DKI Jakarta 2024

Co-captain Timnas Amin Sudirman Said
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said ikut mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta melalui jalur perorangan atau independen ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Pilkada Serentak November 2024.

Di Brebes, Masyarakat Dukung Sudaryono Maju Pilgub Jawa Tengah

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai Sudirman Said menjadi salah satu kandidat yang berpotensi menjadi calon Gubernur DKI pada Pilkada Gubernur 2024 mendatang.

"Dia (Sudirman Said) pantas (maju Pilgub DKI). Lagian, dia tokoh nasional dan pantas-pantas aja," kata Ujang saat dihubungi wartawan pada Senin, 13 Mei 2024.

Dijagokan Gerindra di Pilgub DKI, Segini Elektabilitas Ridwan Kamil dari Berbagai Survei

Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Sudirman Said dan Bambang Widjojanto saat tanggapi soal Hak Angkat yang sepakat didukung Koalisi Perubahan

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Nasdem Bakal Beri Dukungan ke Ilham Akbar Habibie Jadi Cagub Jabar

Menurut dia, Sudirman Said yang dekat dengan Anies Baswedan itu memiliki rekam jejak yang bagus. Selain tokoh nasional, kata dia, Sudirman Said mengatakan karakter mantan Co-Captain Timnas AMIN (Anies-Muhaimin) itu juga menjadi pertimbangan untuk melihat persoalan Jakarta yang beragam.

"Iya sosok yang berani, mampu, punya kemampuan, punya keahlian, terus yang berintegritas, memiliki leadership yang kuat, tentu tadi amanah, sosok-seperti itulah. Karena, Jakarta ini punya persoalan yang kompleks, harus diselesaikan dengan background yang tadi," jelas dia.

Maka dari itu, ia menyebut Sudirman Said bisa maju sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2024. "Cocok-cocok saja jadi wakil gubernur, dia kan pernah jadi menteri. Persoalannya harus tahu dulu dianya, kalo soal bisa sih bisa saja," katanya.

Sebelumnya diberitakan, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 melalui jalur perseorangan atau independen.

Hal tersebut diungkap oleh Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya. Ia menyebut Sudirman melalui timnya telah melakukan konsultasi terkait pemenuhan syarat Cagub DKI jalur independen pada Kamis, 9 Mei 2024 sore.

"Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Dody di kantor KPU DKI, Jumat 10 Mei 2024.

Disisi lain, Dody mengaku Sudirman dan timnya sudah meminta akses Sistem Informasi Pencalonan (SILON) untuk Pilkada DKI kepada KPU. Dengan begitu, kata dia, Sudirman harus memenuhi segala persyaratan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan lewat SILON.

"Kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB," ucap Dody.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan dilakukan di 37 provinsi pada Rabu, 27 November 2024. Sementara, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada Serantak dari 514 kabupaten/kota di tahun 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya