Uji Coba Penutupan Tol Semanggi

Spanduk menyindir Pemilu dan Pemilihan Presiden di pintu tol Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan ujicoba menutup pintu Tol Semanggi I, Jumat 20 Agustus 2010 sore tadi.  Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di depan Plaza Semanggi.

Menurut Koordinator Traffic Managemen Center (TMC) Polda Metro Jaya, Komisaris Indra Jafar, uji coba penutupan pintu yang dilakukan itu untuk melihat seberapa efektifnya penutupan itu.

Penutupan Pintu Tol Semanggi I pada sore ini malah membuat lalu lintas di kawasan Semanggi mengalami kemacetan panjang. Selain karena bersamaan dengan jam pulang kantor, hujan yang turun juga membuat laju kendaraan melambat.

"Apakah ditutup akan efektif atau sama saja. Jadi sistem buka tutup itu sifatnya situasional," ujarnya saat dihubungi, Jumat 20 Agustus 2010.

Dia menjelaskan, pemilihan kawasan tersebut dikarenakan wilayah tersebut menjadi jalur crossing antara jalan menuju ke arah Pancoran dengan kendaaraan yang ingin masuk tol dari arah Plaza Semanggi.
"Kalau sudah saling menyilang akan menyebabkan kepadatan sehingga kemacetan bisa mencapai tomang," tegas Indra.

Selain itu, pada jam-jam sibuk seperti pukul 15.00 WIB-18.00 WIB pintu tol tersebut sangat padat sehingga berimbas pada kemacetan akibat penumpukan kendaraan.

Dirinya menilai jarak gerbang masuk tol Semanggi I dan II terlalu pendek, sehingga tidak efektif. "Jaraknya hanya sekitar 400-500 meter, membuat para pengguna mobil lebih memilih pintu Semanggi I," tambahnya.

Karena itu, Direktorat Lalu Lintas segera membuat rekomendasi kepada Jasa Marga untuk menutup pintu Semanggi I dengan mengalihkannya ke Semanggi II.

"Nantinya di pintu masuk Tol Semanggi II ditambah gardunya sehingga tidak terjadi kepadatan lagi," jelasnya. Karena, saat ini pintu Tol Semanggi II sudah tidak layak penempatannya.

Sementara, Penjaga Pintu Tol Semanggi I Ahmad Erwan mengatakan, setiap jam ada sekitar 1.000 kendaraan masuk dari dua gardu yang ada. "Kalau ini ditutup memang cukup merugikan, apalagi pada jam sibuk bisa dua kali lipatnya," jelas dia.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024