BLU Transjakarta Hilangkan Sistem Koridor

Antrian Penumpang Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mulai 2011 ini, Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta tidak lagi menerapkan sistem pengadaan armada menurut koridor, melainkan jaringan.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Setiap koridor yang mengalami penumpukan penumpang pada jam sibuk akan dipasok lebih banyak armada untuk mempertahankan headway atau jarak tempuh.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, fleet Management atau manajemen armada diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik pada penumpang.

"Armada sekarang tidak kenal menurut koridor lagi, kami tidak pilah-pilah, kumpulkan bus jadi satu, yang mana yang membutuhkan diberikan," terangnya.

Saat ini jumlah keseluruhan armada bus Transjakarta sebanyak 524 bus, terdiri dari 472 bus tunggal dan 52 bus gandeng. Seluruhnya digunakan mulai dari koridor I sampai X.

Rencananya armada akan ditambah lagi tahun ini sebanyak 44 bus dengan menggunakan anggaran APBD 2011 perubahan Rp 180 miliar. Menurut hasil penelitian, pada 2016 dibutuhkan armada sebanyak 781 bus gandeng.

"Apalagi pada 2011 akan ada koridor baru yakni Pulogebang-Kampung Melayu," jelasnya.

Udar menegaskan akan tetap menggunakan jalan tol bagi koridor IX Pinang Ranti-Pluit.  Masalah ini sudah dijelaskan kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang semula tak setuju jika busway melintas di jalan tol.

Sejak awal direncanakan jalur koridor IX akan melalui halte Kramatjati. Namun, setelah diujicoba, akhirnya dialihkan melalui jalan tol agar lebih efektif dan headway atau jarak tempuh berjalan optimal.

Awalnya koridor IX dibagi menjadi tiga rute, yakni Pinang Ranti-Cililitan, Cililitan-Grogol dan Grogol-Pluit, karena jaraknya sangat panjang dan demand penumpang berbeda-beda. Namun, akhirnya sejak Selasa kemarin, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta merubah strategi untuk mencapai headway yang lebih baik.

"Dibuat menjadi dua tipe yakni Pinang Ranti-Pluit langsung khusus bus tunggal, dan UKI-Grogol untuk bus gandeng," paparnya.

Setelah dievaluasi, diperoleh fakta penumpang paling banyak berada di jalur Cililitan-Grogol, sedangkan Grogol-Pluit dan Pluit-Cililitan cenderung lebih sedikit.

Maka penumpang yang ingin ke Kramatjati dianjurkan untuk melakukan transfer bus di halte UKI menggunakan bus koridor VII.

"Tidak dipungut bayaran lagi. Di lapangan petugas akan mensosialisasikan bus mana yang ke tidak ke Kramatjati namun langsung ke UKI dan Pluit," terangnya. (adi)

Rizky Nazar

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Belakangan ini ramai diperbincangkan hubungan asmara Rizky Nazar dan Syifa Hadju yang diduga kandas akibat Salshabilla Adriani. Hal ini berawal dari potongan video mereka

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024