Puluhan Warga Keracunan di Acara Bakti Sosial

Pasien di sebuah RS di Surabaya.
Sumber :
  • Iwan Heriyanto | Surabaya Post

VIVAnews- Sedikitnya 68 orang warga Rumah Susun (Rusun) Cilincing Jakarta Utara, dilarikan ke rumah sakit, akibat keracunan makanan nasi kuning dan kue kotak yang dibagikan panitia bakti sosial di rusun tersebut, Minggu 30 Januari 2011.

Korban dilarikan ke dua rumah sakit, yaitu Hermina 18 orang, dan sekitar 50 orang di RS Koja. Jumlah tersebut hingga kini masih terus bertambah.

Korban keracunan kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak. Bahkan banyak diantara korban yang pingsan hingga perlu diberikan oksigen untuk membantu pernafasan.

Dwi Rahayu (19) warga Rusun Cilincing, mengaku merasa mual setelah menyantap nasi kuning yang dibagikan panitia acara yang berlangsung di lapangan rusun tersebut.

"Saya dibagikan makanan sekitar jam 4 sore, dan langsung mual bersama beberapa warga di rusun ini. Akhirnya saya langsung dibawa ke RS Koja oleh warga yang memang sudah mulai panik," kata Dwi.

Bakti Sosial yang digelar oleh Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) itu, dalam rangka HUT RS Hermina Podomoro dan HUT Terminal Peti Kemas (TPK) Koja Jakarta Utara.

Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Cabang Jakarta Utara, Saryanto, mengatakan, sebagai penyelenggara acara tersebut, pihaknya memesan 1.500 nasi kuning dan kue kotak.

Sementara agenda acara pengobatan gratis, dan dialog publik mengenai kesehatan antara RS Hermina, Dinas Kesehatan dan masyarakat.

"Kami bertanggungjawab sepenuhnya terhadap korban. Sebenarnya kami akan bawa korban ke RS Hermina, namun karena warga panik, mereka melarikan keluarganya ke RS Koja yang kebetulan dekat," jelas Saryanto.

Laporan: Arnes Ritonga | Jakarta Utara

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024