Jalan Martadinata, Jakarta Utara Ambles Lagi

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • ANTARA/Paramayuda

VIVAnews - Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara kembali ambles. Kini lokasinya berada di depan Stasiun Ancol, Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara. Jalan yang ambles sepanjang kurang lebih 30 meter.

Menurut Muchtar, 42 tahun, warga Pademangan, jalan tersebut mulai mengalami tanda-tanda akan ambles sejak lima bulan terakhir. Terdapat sejumlah celah pada jalan yang ambles itu. Terlihat pula rongga antara tanah dan lapisan beton jalan.

"Lihat saja, banyak sampah yang terbawa hujan ada di bawah beton jalan," kata Muchtar sambil menunjuk rongga antara beton dengan tanah yang berisi sampah, Jumat 11 Februari 2011.

Selain jalan, kata Muchtar, tanggul yang membatasi jalan dengan Kali Ancol juga mengalami penurunan lebih dari 40 sentimeter. Menurutnya, amblesnya tanggul di Kali Ancol yang berada di seberang Stasiun Ancol itu, sudah terjadi lebih dari satu tahun. "Tanggul itu memang sudah turunĀ  sebelum Jalan RE Martadinata ambles September 2010," jelasnya.

Masyarakat tidak mengetahui secara pasti penyebab amblesnya sisi kanan badan jalan tersebut. Namun dia memperkirakan penyebab utamanya selain tergerus air di Kali Ancol, juga karena beban jalan yang terlalu berat akibat dilewati berbagai kendaraan berat.

Salah satu bagian jalan yang ambles terjadi sedalam 20 sentimeter. Terlihat celah antara tanah dan beton jalan pada patahan jalan tersebut. Selain itu, sebagai pengganti beton tanggul yang mengalami penurunan. Telah dipasang bambu yang berfungsi sebagai penahan sepanjang 10 meter.

Kini, di jalan yang ambles itu, telah dipasang pembatas jalan berupa beton berbentuk kotak agar tidak dapat dilintasi kendaraan berat. Selain itu, juga terdapat papan pengumuman selebar satu meter yang dipasang di depan pembatas jalan itu, yang bertuliskan "Hati-hati, Sepanjang Jalan Ini Dalam Perbaikan". Pada sisi atas papan pengumuman itu terpampang logo Departemen Pekerjaan Umum.

Pembatas jalan dan pengumuman itu baru dipasang satu minggu ini. Dia mengakui belum pernah melihat pihak-pihak yang berusaha membetulkan jalan.

Lurah Pademangan Timur, Suhadi, mengakui adanya penurunan atau amblesnya tanah di ruas jalan RE Martadinata. Menurutnya, hal itu sudah dilaporkan ke Pemerintah Kota Jakarta Utara. "Kami harapkan secepatnya jalan itu segera di perbaiki, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Suhadi, Jumat 11 Februari 2011. Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara (adi)

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain
Head of Market Unit Nokia Indonesia Ozgur Erzincan.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Nokia mengumumkan kalau mereka telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi jaringan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024