LSI: Airin Unggul Karena Hujan Seharian

Airin Rachmi Diany dan suami memilih di Pilkada Tangerang Selatan
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Deffa

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan hasil penghitungan cepat atau quick count pemungutan suara ulang Pilkada Tangerang Selatan. Hasilnya, sama dengan yang dilakukan Pusat Kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Pasangan Airin Rachmi Diany dan Benjamin Davnie unggul mengalahkan pasangan Arsid-Andre Taulany.

"Ada dua hal yang patut dicermati atas kemenangan Airin dalam survei. Yakni soal finansial dan popularitas," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Senin 28 Februari 2011.

Penghitungan cepat LSI yang dirilis kemarin menghasilkan pasangan Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie mendapatkan perolehan suara 54.31 persen. Di urutan kedua, pasangan Arsid dan Andre Taulany mendapatkan perolehan suara 43.4 persen. Rodhiyah Najibah dan Sulaiman Yasin 1.19 persen dan Yayat Sudrajat dan Norodom Sukarno mendapatkan 1.1 persen.

Penghitungan cepat dilaksanakan dengan memilih 410 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar secara proporsional di setiap Kecamatan yang ada di Kota Tangerang Selatan. Sample TPS dipilih dengan menggunakan metode Kombinasi Stratified-Cluster Random Sampling.

Diperkirakan toleransi kesalahan atau margin of error pada quick count ini sekitar +/- 1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Artinya perolehan suara kandidat dari hasil quick count ini bisa bergeser ke atas atau bergeser ke bawah hingga 1 persen.

Apa faktor yang menyebabkan pasangan Airin-Benjamin unggul? "Kemampuan tim Airin memoblisasi pendukung pemilih ke TPS. Itu faktor pembeda dengan pendukung Arsid-Andre," ujar Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, karakteristik pendukung Arsid-Andre Taulany itu dari kalangan menengah ke atas. Mereka yang menjadi tulang punggung pasangan Arsid-Andre itu dinilai kurang militan. Sedangkan pasangan Airin-Benjamin berasal dari menengah ke bawah dan termasuk militan.

"Kemarin itu ada hujan satu hari penuh. Pemilih menengah ke atas tidak loyal dan kurang militan. Sedangkan pendukung Airin, tetap menuju TPS," ujar dia.

Sebelumnya, Puskaptis juga menyebut penghitungan cepat menghasilkan pasangan Airin-Benjamin mengalahkan Arsid-Andre Taulany. Hasilnya baca di sini. (hs)

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun
Aksi sopir pikap dipuji warganet

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

 Belakangan ini, viral di media sosial sopir pikap menghadang dua bus yang berusaha melawan arus di perempatan lampu merah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024