Parkir Liar Sepanjang Koridor XI Ditertibkan

parkir liar
Sumber :

VIVAnews - Sejumlah lokasi parkir on street akan ditertibkan terkait pembangunan jalur busway koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang) pada Juli 2011 nanti.

Menurut Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benhard Hutajulu, penertiban dilakukan agar  parkir on street yang kerap membuat lalulintas macet tidak menghambat  busway.

Lahan parkir off street atau di dalam gedung telah disiapkan saat pembangunan hingga busway koridor XI digunakan. "Lokasi yang akan ditertibkan di sepanjang kawasan Jatinegara," ujar Benhard saat ditemui usai acara sosialisasi busway koridor XI di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2011.

Benhard mengatakan, dalam proyek pembangunan jalur busway koridor XI akan difasilitasi dengan park and ride. Pengguna busway yang akan menggunakan halte Walikota Jakarta Timur, disediakan fasilitas park and ride di sekitar lokasi tersebut untuk memarkir kendaraan pribadi mereka.

"Ada juga di terminal Pulogebang yang sedang dibangun, pasar batu akik (pasar Rawabening). Bisa juga parkir di Stasiun Jatinegara juga bisa dimanfaatkan sebagai parkir di stasiun Jatinegara.

Dikatakan Benhard, pembangunan park and ride ini akan menggunakan lahan yang ada, karena untuk membebaskan lahan membutuhkan waktu yang cukup lama dan dana yang yang tak sedikit. Maka kawasan-kawasan seperti Kantor Walikota Jakarta Timur, Pasar Rawabening, dan Stasiun Jatinegara dioptimalkan pemanfaatannya.

"Di koridor XI, memaksimalkan yang ada tadi sudah cukup memadai karena ada di ujung-ujung, sehingga cukup efektif, jadi masyarakat sebelum pakai busway bisa memarkirkan kendaraannya dulu untuk pindah ke angkutan busway," ungkapnya.

Seperti diketahui, pembangunan jalur busway koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang) beserta kelengkapannya akan dimulai pada Juli 2011 dan ditargetkan selesai Desember 2011.  Sebelum pembangunan dimulai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan studi Amdal pada April hingga Juli 2011.

Panjang rute yang akan dibangun yakni sepanjang 20,5 kilometer. Sedangkan lebar koridor busway yang hendak dibangun yakni 3,64 meter.

Ada 19 halte yang akan dibangun di jalur busway koridor XI diantaranya adalah halte Walikota Jakarta Timur, Klinik, Teratai Putih, Stasiun Buaran, Bioskop Buaran, PPP, Buaran I, Kamppung Sumur, PMI, Mall Klender, SMU 12, Pom Bensin, Taman Cipinang, Migrasi, Pasar Enjo, Flyover Jatinegara, Stasiun Jatinegara, RS Mitra, dan Kampung Melayu.

Dirundung Karena Kasusnya Viral, Gideon Simanjuntak dan Amanda Zevannya ke Komnas Perempuan
Dok. Istimewa

Megawati dan Cucu Suka K-Pop

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran seni milik Butet Kartaredjasa di Galeri Nasional, Jakarta pada Senin, 13 Mei 2024. Pada kesem

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024