DKI Diminta Tak Buru-buru Pakai Contra Flow

Bus Transjakarta
Sumber :
  • jakarta.go,id

VIVAnews - Penegakan hukum lalulintas dinilai lebih patut diutamakan dibanding penerapan sistem contra flow atau laju bus berlawanan arah dengan arus kendaraan lain pada lajur bus TransJakarta.

Meski penerapan sistem ini berhasil dilakukan di Istanbul, Turki, namun tanpa perencanaan yang mendalam justru hal ini hanya akan membahayakan bila diterapkan di Jakarta.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Azas Tigor Nainggolan, mengatakan, opsi penegakan hukum jauh lebih efektif dan efisien dibanding sistem laju bus berlawanan arah.

"[Opsi itu] Cepat dan tanpa biaya besar. Jangan terburu-buru pilih contra flow, lihat berhasil di negara lain lalu copy paste," ujar Azas di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 6 April 2011.

Setelah penegakan hukum diterapkan, menurut Azas, maka langkah konkret selanjutnya adalah menambah jumlah armada TransJakarta. Hal ini dilakukan agar jalur busway tidak kosong.

"Kenapa di Guang Zhou jalur busway tidak pakai separator tapi tetap steril? Karena kendaraan yang masuk ke jalur busway langsung dicabut SIM-nya. Setelah jalur steril, tambah armada agar tidak terjadi penumpukan penumpang di setiap koridor," katanya.

Terkait masalah pengadaan armada busway, Azas pun mengkritik wewenang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI yang terkesan tak mendukung usulan anggaran penambahan armada.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP
Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024