4 Napi Kabur dari LP Cipinang

Seorang penghuni sel berdiri di salah satu blok ruang sel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)
Sumber :
  • ANTARA/Bhakti Pundhowo

VIVAnews - Empat tahanan Lembaga Permasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, kabur dari selnya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, Senin 11 April 2011. Keempatnya berhasil melarikan diri dengan memanjat melalui menara pos 4 yang tidak dijaga.

Sihabudin, Kepala divisi permasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM mengatakan peristiwa kaburnya tahanan ini terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Ia menjelaskan keempat tahanan masing-masing bernama Anang Sahputra yang divonis 8 tahun karena terjerat UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Herman Syah Putra alias Jono yang terlibat kasus pencurian dan divonis 3 tahun, M Ikbal tahanan vonis 17 tahun atas kasus pembunuhan berencana, dan Wahidin tahanan kasus pembunuhan dengan vonis 12 tahun.

"Herman sebelumnya ditahan di LP Palembang yang kabur ke Jakarta. Saat di Jakarta dia terkena kasus 363, yaitu pencurian dan divonis 3 tahun. Statusnya masih titipan karena sudah vonis namun belum dieksekusi sebelum akhirnya melarikan diri," kata Sihabudin di Jakarta, Senin 11 April 2011.

Namun, dia belum diketahui secara pasti bagaimana kempat tahanan dapat melarikan diri dari sel yang berlokasi di blok B1. "Saya baru dapat informasi mereka melarikan diri dengan memanjat melalui menara pos 4 yang tidak dijaga. Kami memang kekurangan personel jaga. Bagaimana dapat keluar dari sel dan kemana mereka melarikan diri masih kami selidiki," kata Sihabudin.

"Kam akan memeriksa petugas jaga saat itu untuk memastikan apakah ada keterkaitan pihak dalam maupun karena kelalaian," sahutnya.

Sementara itu, petugas Polres Jakarta Timur belum menerima laporan mengenai kaburnya keempat tahanan Rutan Cipinang ini. "Kami belum mendapat laporannya," ujar Ajun Komisaris Polisi Didik, Kasie Humas Polres Jakarta Timur.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024