Tangerang Selatan Ikut Batasi Kendaraan Berat

Macet di jalan tol dalam kota arah Jembatan Tiga menuju Semanggi
Sumber :
  • VIVAnews/ Maryadi

VIVAnews - Pembatasan truk akan diperluas hingga wilayah Tangerang Selatan. Kepolisian Daerah Metro Jaya bersama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan uji coba di Jalan Raya Serpong selama empat hari, mulai 27 hingga 30 Mei 2011.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, mengatakan, dari hasil rapat koordinasi, kebijakan larangan kendaraan bermuatan besar disepakati adanya perluasan pembatasan kendaraan berat di Jalan Raya Serpong.  "Walikota Tangerang Selatan sepakat," katanya.

Pembatasan ini efek dari bertambahnya kemacetan di wilayah Serpong akibat limpahan truk yang dilarang masuk Tol Dalam Kota pada siang hari. "Jadi kenapa tidak diberlakukan juga di Jalan Raya Serpong," imbuhnya.

Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI menyambut positif permintaan perluasan pembatasan truk. Seluruh kendaraan berat hanya dapat mengakses Jalan Raya Serpong pada malam hari. "Sosialisasi sudah dilakukan mulai hari ini kepada pemilik pabrik yang berada di Tangerang Selatan," kata dia.

Terkait kebijakan pembatasan ini, ada dua jalur alternatif yang dapat dilalui kendaraan berat pada siang hari:

Pertama, truk yang akan menuju Cikampek dialihkan ke utara menuju Kamal.

Kedua, truk dari arah Cikampek terpecah ke dua arah di Cikunir. Kendaraan menuju Merak boleh masuk Cawang, sedangkan yang menuju Tanjung Priok dialihkan melalui Cilincing.

Jalur Cikunir sudah dibuka sejak empat hari lalu karena banyak kendaraan berat yang melalui jalur itu. "Kebanyakan truk jarak jauh, seperti Jawa dan Sumatera, jadi langsung ke Merak," katanya.

Update DBD di Lampung Utara: 833 Terjangkit dan 4 Warga Meninggal Dunia
Honda Dream Ride Project

Inspirasi Modifikasi Honda PCX 160 Karya Juara HMC

Bagi Anda pemilik skutik Honda PCX 160 bisa meniru kolaborasi kreatif tiga juara Honda Modif Contest (HMC) bersama para modifikator kelas atas. Ada berbagai aliran modif

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024