Pengunjuk Rasa Tanam Tembakau di Istana

Unjuk Rasa Harkitnas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Protes ribuan petani tembakau, cengkeh, buruh dan pedagang asongan dari seluruh Indonesia di Istana Negara hingga Rabu 13 Juli 2011 siang masih berlangsung. Para petani meninggalkan 'cenderamata' untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan sengaja menanam tembakau di depan Istana.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Hal ini dilakukan agar SBY melihat bagaimana tanaman itu dapat tumbuh subur di negera Idonesia, dan dapat menghidupi dan membuat rakyat sejahtera.

"Menghapus tembakau sama saja mematikan buruh. Kami tetap menolak RPP tembakau karena akan merugikan banyak pihak. Kalau tetap dilanjutkan, kami akan mogok bayar pajak," kata koordinator aksi bernama Nurtantio Wisnu Broto, Rabu, 13 Juli 2011.

Wisnu menambahkan, aksi ini akan mereka lakukan sampai pemerintah menghapus Rancangan Undang-undang dampak produk tembakau bagi kesehatan dan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengamanan Bahan yang mengadung Zat Adiktif berupa produk tembakau.

Dari pantuan VIVAnews.com, peserta aksi memenuhi Jalan Merdeka Utara dan berbelok di Veteran III. Akibatnya Jalan itu ditutup dan dialihkan ke Gambir. Bagi penguna jalan diminta menghindari kawasan seputar Istana Negera, dan Jalan Sudirman.

Para pengunjuk rasa iniĀ  rencananya juga akan berjalan kaki menuju Gedung Dewan Perwakilan Rakyat. (umi)

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024