Ini Dia Biang Keladi Kemacetan Jakarta

Arus Lalu Lintas Macet di Jalan Gatot Subroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Jumlah kendaraan pribadi, khususnya yang beroda empat di Jakarta, terus meningkat. Bahkan, setiap hari sedikitnya ada 120 pengajuan surat untuk mobil baru di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Ini tentu berdampak pada kian parahnya kemacetan di Ibukota. Laju pergerakan kendaraan di Jakarta terus menurun, saat ini tinggal 12 kilometer per jam.

Lalu, mobil pribadi jenis apa yang menjadi penyebab paling utama dari kemacetan di Jakarta?

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Royke Lumowa, mengungkapkan berdasarkan data yang dimilikinya, dari pengajuan mobil baru itu, 50 persennya adalah jenis mobil low dan medium MPV, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Kijang Innova. Sisanya, adalah jenis hatchback (sedan tanpa ekor belakang) yakni: Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Swift.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

"Jenis kendaraan MPV dan hatchback memang paling kita sering jumpai di jalan-jalan Jakarta," ujarnya saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat, 29 Juli 2011.

Menurut Royke, kedua jenis mobil ini menjadi primadona sebagai kendaraan pribadi warga Jakarta. "Sekarang, masyarakat kita khusus di Jabodetabek paling banyak membeli mobil low MPV. Karena selain harganya terjangkau, kapasitasnya penumpangnya cukup banyak," kata dia.

Ia menjelaskan akibat terus bertambahnya kendaraan jenis itu, kemacetan di Jakarta terus meluas hingga daerah perbatasan--Depok, Bekasi, Tangerang. "Kita perlu keberanian, terutama pemerintah pusat, untuk membatasi produksi otomotif. Percuma kalau regulasi pengaturnya ada, tapi produksi kendaraan bermotor terus meningkat," kata dia.

Data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada tahun 2010 menunjukkan jumlah kendaraan roda empat telah mencapai 3.118.050 unit.

Berdasarkan data, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil semester pertama 2011 adalah sebanyak 417.687 unit. Segmen low MPV masih mendominasi pasar, sebanyak 131.891 unit atau menyumbang 32,6 persen dari total penjualan mobil nasional.

Mobil paling laris dari jenis ini adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang masing-masing laku 85.040 dan 30.963 unit; disusul Suzuki APV (12.971), Daihatsu Luxio (2.899), dan Mitsubishi Maven (18 unit).

Bila ditelusuri lagi, Toyota Avanza yang terlaris adalah tipe G manual. Mobil bermesin 1,3 liter ini terjual 64.315 unit atau 76 persen dari total penjualan Avanza. Di Jakarta dan sekitarnya, mobil ini dibanderol Rp151,5 juta.

Yang terlaris kedua adalah tipe S manual. Mobil bermesin 1.500 cc ini dibanderol Rp164 juta dan laku 8.352 unit (10 persen). Tipe ini disusul tipe E manual (6 persen), tipe G matic (5 persen), tipe S matic (3 persen), dan tipe E matic (0,5 persen).

Bahkan, di ajang Indonesia International Motor Show 2011, Toyota Astra Motor kembali meluncurkan generasi terbaru dari MPV andalannya, Grand New Kijang Innova. Medium MPV tujuh penumpang ini dibanderol mulai dari harga Rp182 jutaan.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

"Kita harapkan ke depan target pasar Toyota di kelas MPV bisa lebih dari 70 persen," ujar Direktur Pemasaran TAM, Joko Trisanyoto, saat berbincang dengan VIVAnews.com di Booth Toyota JIExpo.

Sementara itu, mobil kembaran Avanza, Daihatsu Xenia, yang paling laris adalah tipe Xi bermesin 1.300 cc. Tipe yang dijual Rp140-148 juta ini laku 19.313 unit atau 62 persen dari total penjualan Daihatsu semester ini. Lalu disusul Xenia Li 1.000 cc (34 persen), dan Xi matic (3 persen).

Sedangkan untuk jenis hatchback, Toyota Yaris masih menjadi mobil paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Di semester I tahun ini, mobil asal Jepang itu telah terjual sebanyak 9.193 unit. Tapi, penjualan Yaris pada Juni 2011 dikalahkan rival terberatnya, yakni Honda Jazz, yang mampu terlego 1.500 unit--sementara Yaris hanya 1.376 unit. Tapi, selama semester I 2011, Honda Jaza hanya terjual sebanyak 8.871 unit. Posisi ketiga, diduduki hacthback asal Negeri Paman Sam, Ford Fiesta, yang sepanjang semester I 2011, terjual sebanyak 3.428 unit. (eh)

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024