Bogor si "Kota Hujan" Mulai Kesulitan Air

Suplai Air Bersih
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Ratusan warga Kampung Bojong Koneng, Desa Ciherang Pondok, Caringin, Bogor, harus antre untuk mendapatkan air bersih di Mandi Cuci Kakus (MCK). Sejak tiga hari belakangan ini, Ciherang dan desa-desa lainnya diĀ  Kabupaten Bogor mengalami kekeringan karena hujan tak kunjung turun.

Sambil membawa ember dan jerigen, warga berebut untuk mendapatkan air bersih. "Iya, ini satu-satunya MCK di sini. Mana airnya bau lagi," ujar Halimah, seorang ibu yang ikut antre, Senin 12 September 2011.

Di wilayah Kampung Bojong Koneng hanya ada satu MCK yang dibangun atas bantuan Pemkab Bogor. Sedangkan sumber mata air berasal dari aliran sungai desa tetangga yang dialirkan melalui pipanisasi sepanjang 700 meter.

"Sejak tiga bulan belakangan ini sumur-sumur warga kering. Terpaksa warga berebut air di MCK untuk mandi mencuci dan buang air. Namun warga masih sulit untuk mencari air bersih untuk minum karena sumber mata air berasal dari sungai," kata Kepala Desa Ciherang Pondok Saprudin Jepri.

Menurut Saprudin, kekeringan rutin terjadi setiap tahun. "Kami akan melaporkan ke pemda. Sebab MCK yang ada juga tak sebanding dengan jumlah banyaknya penduduk sebanyak 1200 kepala keluarga," ujarnya.

Dulu, kata dia, pernah ada bantuan dari PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Tapi dinilainya kurang efektif. "Kedepan akan usulkan dibuat sumur air bawah tanah. Dan warga sudah siap membayar," tambahnya.

Pantauan di lapangan, selain sumur warga, juga banyak sawah yang mulai mengering dan tanahnya retak-retak. Adapun wilayah yang mengalami kekeringan yaitu desa-desa di Kecamatan Caringin, Ciawi, Cigombong, dan Cijeruk. (ren)

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor

Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024