Petugas Kuliti Kaca Gelap Puluhan Angkot

Angkot barang bukti kejahatan
Sumber :

VIVAnews -- Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi melakukan penertiban kaca film angkot dengan kadar kegelapan melebihi dari 30 persen. Hasilnya, puluhan angkot terjaring dalam operasi ini.

“Tujuannya untuk pengawasan pengamanan sopir angkot dan juga penumpangnya," kata Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, A Riyadi usai memimpin operasi Rabu 21 September 2011.

"Dalam razia kali ini, kita baru menertibkan sekitar 60 angkot termasuk yang menggunakan pelapis kaca gelap, KIR, dan izin trayeknya sudah habis.”

Operasi ini dipusatkan di Terminal Cibadak. Operasi yang dinilai sejak pagi berakhir pada pukul 15.00 WIB. Menurut Riyadi, razia ini mengacu kepada SK Menteri Perhubungan Tahun 1978 nomor 439 tentang ketebalan ambang batas kaca film yang menyebutkan ukuran kegelapan 30 persen, dan tembus pandang sebanyak 70 persen.

Dari pantauan di lokasi, sekitar 20 petugas Dishub langsung mengecek kaca film angkot. Tak hanya itu, petugas juga memeriksa izin trayek dan KIR (kelaikan jalan kendaraan). Bahkan, beberapa colt jurusan Sukabumi-Bogor yang melintas tak luput dari razia ini.

Puluhan kendaraan angkot yang menggunakan pelapis kaca film gelap langsung dikuliti petugas dengan menggunakan silet. Terlihat, beberapa sopir angkot hanya pasrah ketika kaca film angkotnya dibersihkan petugas.

“Ya mau gimana lagi Kang. Saya pasrah saja. Sebelumnya saya belum tahu ada razia. Untuk memasang kaca film kita harus ngeluarin biyaya sekitar Rp 500 ribu,” ujar Suryadi, salah satu sopir angkot yang kaca filenya dikuliti petugas.

Operasi kaca film angkot ini gencar dilakukan oleh aparat menyusul pemerkosaan seorang wanita berinisial SRS dalam angkot D-02 jurusan Ciputat-Pondok Labu. Perkosaan itu dilakukan sejumlah sopir tembak. Polisi kini telah menangkap empat pelaku.

(Laporan Permadhi l Sukabumi)

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024