2012, Sistem Karcis Feeder & Busway Dihapus

Bus Transjakarta
Sumber :
  • jakarta.go,id

VIVAnews - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, pemilihan tiga rute feeder busway memperhitungkan kebutuhan yang sangat tinggi terhadap kehadiran feeder busway dan sinkronisasi dengan koridor busway.

Miris! Angka Stunting Cuma Turun 0,1 Persen, Padahal Sudah Keluar Puluhan Triliun

Adapun rute bus pengumpan ini yaitu Sentra Primer Barat-Daan Mogot, Tanah Abang-Balaikota, dan SCDB-Senayan. 

Dijelaskannya, seluruh biaya operasional bus penghubung busway berbahan bakar solar ini, termasuk pramudinya, ditanggung oleh operator.

Berdasarkan kontrak kerja sama yang ditandatangani kedua pihak, operator harus berperilaku baik dan memenuhi hak dan kewajibannya selama 7 tahun.

“Di antaranya, harus menjamin dan menjaga headway feeder maksimum 10 menit. Tidak boleh lebih dari itu. Kalau tidak kami akan kenakan sanksi ,” terang Pristono di Jakarta, Kamis 29 September 2011.

Dia menambahkan pada April 2012, direncanakan akan ada lima koridor busway termasuk rute feeder busway yang menggunakan tiket elektronik.

Motor Bebek Baru Paling Mahal di RI, Cocok Buat Orang yang Kelebihan Uang

Kemudian, ditargetkan pada Juli 2012, ada 11 koridor busway termasuk rute feeder busway seluruhnya sudah menggunakan tiket elektronik.

Saat ini tiket feeder TransJakarta masih menggunakan tiket manual atau sobekan tiket kertas yang sudah diintegrasikan dengan tiket busway, dengan harga Rp6.500 per orang.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar, berharap pengoperasian 15 armada di tiga rute feeder busway akan menimbulkan dampak pada peningkatan jumlah penumpang busway.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Menurut dia, satu bus feeder bisa mengangkut 350 penumpang per hari. Itu artinya, jika ditotal maka dengan 15 armada diprediksikan akan terjadi penambahan penumpang sekitar 5.250 orang per hari.

“Beroperasinya feeder memotivasi kami untuk menambah bus TransJakarta, karena pasti feeder akan meningkatkan jumlah penumpang busway. Otomatis kami harus menambah jumlah armada," kata dia.

Akbar mengungkapkan, pada Desember tahun ini, pihaknya akan menambah 44 bus gandeng dan tahun depan akan ada penambahan sebanyak 140 bus gandeng di bulan Desember.

Dia memastikan kehadiran bus feeder di jalur khusus busway tidak akan mengganggu operasional bus Transjakarta. BLU Transjakarta akan mengatur tempat menunggu penumpang feeder dan bus Transjakarta dalam halte sehingga tetap tertib.

"Kami juga berharap penambahan rute feeder busway dilakukan pada halte-halte yang berada di ujung koridor. Seperti Halte Kampungrambutan, Halte Blok M dan di kawasan Kelapagading yaitu Halte Pulomas dan Yos Sudarso. Halte tersebut sangat banyak kawasan pemukiman yang berpotensi untuk menggunakan bus Transjakarta," tuturnya. (adi)

Sri Mulyani, Prabowo Subianto, Pramono Anung dan Luhut

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menyebutkan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan Sri Mulyani untuk menjalin komunikasi dengan Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024