Jambore Sepeda Lipat Nasional 2011

Heritage Trip di Bundaran HI
Sumber :
  • Novary Abdillah

VIVAnews - Komunitas Sepeda Lipat Indonesia (Id-Folding Bike), menggagas acara Jambore Nasional Sepeda Lipat 2011 (Jamselinas). Acara Jamselinas 2011 ini berlangsung pada tanggal 15-16 Oktober 2011, bertempat di Vidi Arena, Hanggar Pancoran.

Kymco Tak Cuma Jual Motor Listrik dan Jasa Tukar Baterai

Jamselinas dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan komunitas pesepeda lipat untuk saling bersilaturahmi, dan juga untuk mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat dan bersahabat dengan lingkungan.

Kegiatan-kegiatan pada Jambore ini adalah perlombaan sepeda lipat, dialog mengenai lingkungan hidup dan kesehatan, pameran sepeda lipat, hingga bersepeda massal. Kegiatan bersepeda massal ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2011 malam hari (night ride) dan tanggal 16 oktober 2011 (Jakarta Heritage Ride).

Sule Tegaskan Rizky Febian dan Mahalini Belum Menikah Lalu Beberkan Hal Ini

“Secara keseluruhan, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari teman-teman pesepeda lipat. Terbukti hingga batas akhir pendaftaran masih banyak yang ingin mendaftar. Padahal, pendaftaran peserta dilakukan hanya melalui mailing list id-folding bike," ungkap Mada Mubina, Ketua Panitia Jamselinas 2011.

Mada menerangkan, ide pelaksanaan Jambore ini berasal dari beberapa perwakilan komunitas yang bertemu dalam kegiatan bersepeda di kota Yogyakarta pada bulan April 2011.

Konsumsi Terdongkrak Momen Pemilu Topang Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen

Sejak saat itu, dibentuk suatu komite yang berisikan perwakilan komunitas dari seluruh Indonesia untuk mempersiapkan pelaksanaan Jambore dimana Jakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan.

"Kami ingin meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan terhadap sesama para pengguna sepeda, baik itu seli maupun non-seli, diseluruh tanah air. Selain itu kami juga ingin menjadikan bersepeda sebagai salah satu alternatif alat transportasi yang dapat membentuk lingkungan hidup yang lebih sehat di masa mendatang,” kata Mada.

Sampai saat ini sudah lebih dari 2.000 anggota yang bergabung dalam semua komunitas sepeda lipat di seluruh Indonesia, dan banyak di antara mereka yang menggunakan sepeda lipat sebagai alat transportasi sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya