Galian Belum Sempurna, Jalan Sudirman Rawan

Gorong-gorong di Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan meminta pihak kontraktor proyek pengerjaan rehabilitasi gorong-gorong di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan untuk lebih cermat dan berhati-hati.

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Menurut Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Ery Basworo amblasnya jalan yang baru di aspal tersebut disebabkan karena pekerjaan belum siap seluruhnya. Namun pekerjaan ini sudah harus ditutup selama kegiatan SEA Games ke-26 berlangsung.

Selain itu, lokasi belum dipasangi gorong-gorong, sehingga lubang galian hanya ditutup dengan pasir batu saja. Akibatnya, struktur kepadatan tanah pun kurang baik dan belum bisa menahan kendaraan berat.

“Itu memang aspalnya belum kering, ditambah lagi belum ada gorong-gorong di dalamnya, sehingga hanya kita isi dengan pasir batu, makanya jalan jadi tidak padat. Akibatnya, saat dilewati truk tanki bermuatan air jadinya amblas,” kata Ery di Jakarta, Jumat, 11 November 2011.

Supaya hal ini tidak terjadi lagi, Ery mengatakan pihaknya telah meminta pihak kontraktor lebih berhati-hati lagi dalam melakukan penutupan dan pengaspalan galian.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Selain itu, sebelum aspal kering, maka kontraktor harus memasang rambu pengamanan dan menempatkan petugas untuk menjaga lokasi sehingga tidak ada kendaraan yang melalui di atasnya.

“Kami sudah memasang rambu pengamanan dan dijaga. Untuk sementara jalan ini pasti aman. Perbaikan dilakukan dengan menutup kembali dengan pasir batu lalu diaspal,” tuturnya.

Kemarin siang, sebuah truk tangki yang bermuatan air terperosok di lokasi penutupan dan pengaspalan gorong-gorong Jalan Jenderal Sudirman, arah Blok M, atau tepat di depan Gedung Summitmas II.

Kedua bagian roda belakang truk tangki bermuatan air untuk menyiram aspal di lokasi penutupan gorong-gorong itu tampak terperosok sedalam 40 sentimeter akibat amblasnya aspal. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun sempat membuat lalu lintas di kawasan itu macet parah. (sj)

Marselino Ferdinan Dihujam Cibiran, Coach Justin Beri Pesan Penting
BaliSpirit Festival 2024.

3 Alasan Wajib Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Nikmati Musik Sambil Tenangkan Pikiran

Bagi kamu yang berencana liburan ke Bali sambil merasakan sensasi senam Yoga, mungkin tidak ada salahnya untuk datang ke event tahunan Bali yakni BaliSpirit Festival 2024

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024