PT KA Berlakukan Enam Rute KRL Baru

Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT KAI Commuter Jabodetabek akan menerapkan enam rute perjalanan baru yang akan diberlalukan mulai Senin, 5 Desember 2011 mendatang.

Rute baru tersebut antara lain Bogor/Depok-Manggarai-Jakarta Kota (PP), Bogor/Depok-Tanah Abang-Pasar Senen-Jatinegara (PP). Kemudian rute Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota (PP), lalu jurusan Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang (PP), dan Tangerang-Duri (PP), dan Tanjung Priok-Jakarta Kota (PP).

Dengan perubahan rute ini diharapkan akan makin banyak penumpang yang terangkut, serta untuk menyederhanakan pola operasi, dan mengurangi overlapping antar rute kereta.

"Terpenting juga mengurangi perpotongan di antara perjalanan KRL," ujar Corporate Secretary PT KCJ, Makmur Syarehan, di Gedung KCJ, Jakarta Pusat, Selasa, 22 November 2011.

Dengan perubahan rute ini, jumlah perjalanan KRL akan bertambah dari semula 467 perjalanan menjadi 531 perjalanan. Dan diharapkan ada penambahan penumpang sekitar 10 persen dari sebelumnya.

Tidak hanya rute, PT KAI Commuter Jabodetabek juga akan menambah jumlah armada. Sebanyak 100 unit KRL dari Jepang sudah siapkan untuk melengkapi kebutuhan saat penambahan rute kereta.

"Sebelumnya sudah ada 118 unit, dan dengan ditambah armada milik PT KA sejumlah 386 unit KRL, maka total armada yang akan mendukung perubahan rute ini menjadi 604 unit KRL," jelasnya.

Sementara mengenai permasalah tarif, Makmur menegaskan bahwa tidak ada perubahan tarif. Untuk rute seperti Depok ke Serpong, penumpang tetap membayar harga untuk dua relasi dengan tiket terusan yang akan tersedia di setiap stasiun pemberangkatan. (eh)

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep
Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Sangia Nibandera, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna mengajak Youtuber Korea Selatan ke hotel

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024