Jakarta Utara Siaga II Banjir Rob

Banjir rob di jalan Gunung Sahari, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Posko Banjir Dinas Pekerjaan Umum mengeluarkan sinyal siaga II untuk wilayah di Pantai Utara Jakarta. Selama satu pekan terakhir, saat memasuki musim penghujan, luapan air laut mulai menggenangi jalan dan pemukiman warga. 

Berdasarkan pantuan, ketinggian air di Pintu Air Pasar Ikan sudah mencapai 200 sentimeter. Tinggi air saat ini sudah melebih batas normal yang semestinya hanya sampai 180 centimeter.

"Memang tidak setinggi kemarin. Tapi ini sudah masuk siaga II," kata petugas Posko Banjir Dinas Pekerjaan Umum, Budi, di Jakarta, Senin, 28 November 2011.

Menurut Budi, ada kemungkinan muka air kembali naik mengingat saat ini cuaca di daerah Jakarta Utara mendung. Sejumlah lokasi seperti Jalan RE. Martadinata, Jalan Danau Sunter Barat dan pemukiman elit Pantai Mutiara sudah dilanda banjir rob.

Luapan air laut menggenangi sejumlah ruas jalan dan merendam permukiman di Jakarta Utara, sejak Sabtu hingga Minggu kemarin. Bahkan sejumlah warga di Kamal Muara, Penjaringan, memilih mengungsi ke balai warga karena ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Tidak hanya itu, Jalan RE Martadinata juga tergenang rob sepanjang 150 cm sehingga menghambat arus kendaraan. Banyak kendaraan yang kemudian memilih untuk memutar balik daripada mesin kendaraannya rusak.

Banjir rob ini disebabkan pasang air laut di sepanjang pantai Jakarta dan mendesak arus sungai berbalik arah ke hulu. Terpantau pada alat pengukur permukaan air laut di Pelabuhan Tanjung Priok, air laut naik dari biasanya 180 sentimeter menjadi 228 centimeter. (adi)

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya
Ria Ricis

Terpopuler: Balasan Ria Ricis untuk Klarifikasi Ryan sampai Kumpul Bareng Keluarga Sule

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 9 Mei 2024 salah satunya tentang balasan Ria Ricis untuk klarifikasi dari Teuku Ryan.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024