Beroperasi Ilegal, Bajaj akan Dihancurkan

Ilustrasi Foto Bajaj
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta, hari ini, Senin 16 januari 2012, melakukan penertiban terhadap angkutan bajaj yang beroperasi di jalan raya.

Heru Budi Bakal Tertibkan Juru Parkir Liar di Minimarket

Razia ini dilakukan untuk memberikan shock terapi kepada pemilik bajaj agar melengkapi surat-surat kendaraannya. Dishub juga mengancam akan menghancurkan bajaj yang beroperasi tanpa dilengkapi surat.

"Razia Bajaj serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Sularso kepada VIVAnews.com.

Menurutnya Bajaj tanpa surat-surat kendaraan kelaikan operasinya diragukan karena tidak pernah ikut uji kir.

Mirza mengatakan penertiban ini juga melibatkan unsur TNI dan Polri.

"Tidak hanya bajaj berbahan bakar minyak saja yang ditertibkan, namun bajaj berbahan bakar gas akan dirazia," kata dia.

Saat ini diprediksi ada sekitar 28 ribu bajaj yang beroperasi di lima wilayah ibu kota. Dari jumlah itu, 50 persen di antaranya atau 14 ribu bajaj, merupakan bajaj tanpa identitas.
 
Berdasarkan data yang diperoleh dari Sudin Perhubungan Jakarta Timur, sebagian besar bajaj beroperasi hanya menggunakan fotocopy surat-surat kendaraan.

Tidak jarang satu surat difotocopy untuk lebih dari satu bajaj. Saat ditanyai petugas, sopir pun berdalih menggunakan surat fotocopy karena takut surat aslinya hilang.

Dia menambahkan jika sopir kedapatan tidak mempunyai surat lengkap, maka akan diberikan sanksi oleh petugas kepolisian. "Yang kedapatan tidak membawa surat asli, maka bajajnya akan dibawa ke gudang di Cakung selama dua pekan," ucapnya.

RUPST Antam Sepakat Rombak Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya
Romi Hariyanto Baju Biru Mengembalikan Formulir ke DPW Partai Gerindra Jambi Sebagai Calon Gubernur Jambi 2024-2029

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Romi Hariyanto mantap maju sebagai cagub Jambi di Pilgub Jambi 2024

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024