Wabah Flu Burung

Menkes: Pemeriksaan Bocah ASR Kurang Mendalam

Wabah flu burung
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Kementerian Kesehatan mengakui sebelumnya tidak menemukan tanda-tanda kalau ASR, telah terbebas dari virus flu burung saat pemeriksaan awal dilakukan ketika bocah itu baru masuk rumah sakit.

Fiki yang Bunuh Begal Akhirnya Bebas Setelah Sempat Jadi Tersangka

Kesulitan dalam pengambilan sample membuat pemeriksaan kurang mendalam.

"Saat itu belum ada tanda-tanda, negatif. Pada saat itu si anak sulit diambil specimennya dan pemeriksaan menjadi kurang dalam sehingga susah dideteksi," kata Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat, 20 Januari 2012.

Endang mengatakan, pada pemeriksaan awal tidak ditemukan tanda-tanda flu dan batuk. Tapi saat pemeriksaan lanjutan dilakukan, ketika kondisi korban memburuk setelah dipindahkan ke ruang perawatan umum, dipastikan bahwa ASR positif terjangkit flu burung.

"Prosedur pemeriksaan harus tiga kali, dan ASR tidak batuk dan tidak pilek. kemudian dipindah ke ruang biasa, kemudian keadaan memburuk dan diperiksa paru-parunya ternyata positif," kata Endang.

Invetigasi kemudian dilakukan, dan diketahui bahwa ASR tinggal satu rumah dengan pamannya dan sering diajak bermain burung merpati.

"Dia tinggal berada di sekitar burung. Sinyalnya ini karena adanya epidemologi artinya tertular karena faktor orang lain," kata Endang.

Sebelumnya, Keluarga ASR, mengaku tidak pernah diberitahu bahwa bocah berusia lima tahun itu meninggal akibat virus flu burung. Rumah sakit hanya menginformasikan bahwa ASR, terkena demam berdarah.

"Kata dokter dia mengidap DBD. Dia meninggal pukul 02.00 WIB dini hari di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, Senin 16 Januari 2012," kata Sriyati, ibu ASR di rumahnya Jalan Baru Ancol Selatan, RT 10 RW 6 No 30 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 20 Januari 2012.

Menurut Sriyati, kondisi ASR sempat membaik setelah keluar dari ruang isolasi. "Dia berada selama empat hari di ruang isolasi. Setelah dinyatakan negatif flu burung, dipindah ke ruang perawatan biasa," ucap Sriyati. (umi)

Mahalini

Sempat Benci Lantaran Penampilannya, Ternyata Mahalini Malah Dinikahi Rizky Febian

Meski suka dengan musikalitasnya, Mahalini tidak memiliki ketertarikan dengan Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024