Besok KPU DKI Hitung Perolehan Suara Tingkat Provinsi

Rekapitulasi Surat Suara Pilkada DKI Jakarta Putaran ke 2
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilukada DKI Jakarta putaran dua tingkat kabupaten/kota DKI oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI telah rampung dilaksanakan.

Besok, Jumat, 28 September 2012, KPU DKI Jakarta akan melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU DKI, Sumarno, menjelaskan hasil rekap di tingkat provinsi akan ditentukan hasilnya pada hari selanjutnya, Sabtu, 29 September.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

"Kemudian KPUD akan kirim surat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan melantik Gubernur/Wakil Gubernur terpilih," kata Ketua Sumarno, di Kantor KPU DKI, Jakarta, Kamis, 27 September 2012.

KPU berencana melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi kali ini, juga akan dihadiri oleh tim sukses kedua pasangan calon, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, serta enam jajaran pejabat KPU Kabupaten/Kota di Jakarta.

"Kita sudah melaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota, telah menyelesaikan semuanya. Kotak suara sudah diserahkan di provinsi. Soal perbedaan-perbedaan kecil itu biasa, yang penting semua saksi ikut menandatangani, bukti menerima hasil rekapitulasi," ungkapnya.

Menurutnya hasil rekapitulasi pada 5 kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta kemarin, tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei.

"Di lima wilayah DKI, pasangan Jokowi-Basuki unggul. Di Kepulauan Seribu, pasangan Foke-Nara unggul. Tidak beda jauh dari penghitungan quick count dengan hasil rekap, beda tipis lah," katanya.

Ia menambahkan, jika tidak terjadi gugatan pada hasil rekapitulasi keseluruhan Pemilukada DKI Jakarta putaran dua ini, maka pasangan calon terpilih akan melaksanakan serah terima jabatan dan dilantik pada 7 Oktober mendatang di hadapan DPRD Provinsi DKI Jakarta. (umi)

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024