Pelantikan Jokowi Diundur, Sekda DKI Plt Gubernur

Usai Mencoblos, Mega dan Jokowi Gelar Jumpa Pers
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Proses administrasi pengunduran diri Joko Widodo dari Walikota Solo berjalan mulus. Setelah surat diajukan ke Kementerian Dalam Negeri kemarin, hari ini surat itu siap diteken Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Pelaksana Tugas atau Plt akan diserahkan kepad Sekda Provinsi DKI.

"Kami sudah menerima surat pengunduran diri Pak jokowi yang diproses melalui DPRD. Kemudian ke gubernur dan ke kami jam 3 sore kemarin. Saya sudah minta staf untuk bekerja tadi malam, mudah-mudahan setelah ini, saya tandatangani," kata Gamawan di Kantor Presiden, Kamis 4 Oktober 2012.

Setelah pengunduran diri itu sah, baru diproses pengusulan untuk penerbitan surat pengangkatan sebagai Gubernur DKI. "Karena hari ini batas akhir dari gugatan MK itu, maka kami tunggu hari ini dulu sampai jam 00.00. Setelah itu kami akan mengajukan besok pada presiden," kata mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Menurut Gamawan, pelantikan Jokowi bakal diundur menjadi 11 Oktober 2012. Sebab, proses administrasi pengusulan dan penerbitan SK pengangkatan memakan waktu.

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia

"Di situ perlu waktu paling tidak satu hari, tanggal 6, baru SK terbit kemudian DPRD mengusulkan lagi untuk pelantikan. Nah karena itu tidak mungkin tanggal 7, karena harus ada persiapan mungkin bisa diundur 3-4 hari lah saya dengar tanggal 11 nanti," kata Gamawan.

Setelah dipastikan calon incumbent Fauzi Bowo atau Foke tidak akan menggugat di MK, Mendagri sudah bisa memproses pengusulan pelantikan itu besok.

"Karena sekarang batas akhirnya. Karena menunggu sedikit waktu gugatan, tidak ada masalah. Plt 3 hari, kami sudah siapkan sudah di meja saya, Kalau memang tanggal 7 Oktober, saya akan terbitkan Plt-nya Sekda," kata Gamawan. (umi)

Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024