Kirab Budaya Raja Sedunia di Monas, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Kirab Ciayumajakuning
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan akan ada rekayasa lalu lintas dan penutupan ruas jalan sekitar Monas terkait acara kirab World Heritage Festival 2013 yang akan berlangsung pada Minggu 8 Desember 2013.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

"Penutupan jalan saat rombongan kirab melintas dari pukul 14.00-18.00 WIB. Penutupan dilakukan secara situasional sesuai kondisi di lapangan," kata Pristono.
Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya


Rute arak-arakan kirab budaya akan melintasi gerbang Monas di Timur Laut di Medan Merdeka Utara kemudian menuju Medan Merdeka Barat. Dilanjutkan ke Medan Merdeka Selatan dan
finish
di gerbang Monas Tenggara.


Beberapa ruas jalan yang akan ditutup saat pawai berlangsung, kata Pristono, yakni Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, kecuali bagi yang menuju Sekretariat Wakil Presiden dan Kedubes Amerika Serikat, Jalan Majapahit , dan Jalan Budi Kemuliaan yang menuju bundaran air mancur atau patung kuda.


Dengan ditutupnya ruas jalan tersebut, otomatis arus lalu lintas dialihkan ke beberapa titik. Pengalihan pertama ialah bagian utara-selatan. Kendaraan dari arah Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin akan dialihkan melalui Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-dan seterusnya.


Pengalihan kedua ialah jalur selatan-utara. Kendaraan dari arah Bundaran Hotel Indonesia atau Jalan MH Thamrin yang akan menuju Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-dan seterusnya. Jalan Budi Kemuliaan akan diberlakukan satu arah mulai dari timur ke barat.


Pengalihan ketiga, dari barat-timur. Kendaraan dari arah Jatibaru yang akan menuju Tugu Tani dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya. Untuk pengalihan timur-barat, kendaraan dari arah Tugu Tani yang akan menuju Jatibaru akan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-dan seterusnya.


Untuk pengalihan arus, Dinas Perhubungan sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Pristono meminta pada masyarakat yang membawa kendaraan untuk parkir di tempat yang telah disiapkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya