Ahok Ingin Pakai Sniper, Eki Pitung: Jangan Asal Ngoceh!

Gubernur DKI Ahok Gandeng TNI dan POLRI Sambut Asian Games
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sesumbar ingin menggunakan penembak jitu, alias sniper untuk memberantas preman di DKI Jakarta. Hal itu, mendapatkan kritikan keras dari tokoh Betawi.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ketua Antar Lembaga Badan Musyawarah (Bamus), Muhammad Rifqi, menilai bahwa peryataan Ahok sangat tidak manusiawi. Menurutnya, tidak perlu menggunakan penembak jitu untuk memberantas preman.
Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan


"Itu melanggar HAM, kan ada payung hukumnya juga untuk menggunakan sniper. Jangan asal ngoceh," ujar Rifqi, melalui pesan tertulisnya kepada
VIVA.co.id
, Sabtu 31 Januari 2015.


Pria yang kerap disapa Eki Pitung itu menegaskan, Jakarta, saat ini sudah terbilang kondusif, lain halnya pada tahun 1990-1980 yang marak preman dan ada penembak misterius (petrus).  


"Jakarta bukannya Texas, atau Macau tempat para mafia bermain judi, yang ditaruh sniper di tiap gedung-gedung," tegasnya.


Dia juga menilai, Polri dan TNI diberikan senjata bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, dan gubernur seharusnya mengayomi dan melayani masyarakat.


"Jakarta itu bukan kota barbar. Gubernur, pemerintah sampai tingkat kelurahan itu tugasnya melayani dan mengayomi masyarakat, dan bukannya malah nakut-nakutin. Ahok jangan sok jadi koboi," tegasnya.


Dia pun menyarankan, jika ingin memberantas premanisme di Jakarta harus memakai pendekatan persuasif, seperti mendekatkan kepada sejumlah tokoh-tokoh organisasi masyarakat dan tokoh-tokoh kelompok di kota Metropolitan .


"Seharusnya, dirangkul kelompok-kelompok dan organisasi, saya rasa kalau
bongkol-
nya (pimpinannya) diajak bicara, bisa mengerti. Jadi, jangan membuat opini kalau Jakarta ini
nggak
aman. Jadi, masyarakat ini bertanya ada apa ini Jakarta?" ujarnya. (asp)



Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya