Rekayasa Transjakarta Saat Demo Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mogok Nasional Dihalangi, Buruh Minta Bantuan Komnas HAM
- Puluhan ribu buruh akan merayakan Hari Buruh atau
May Day
Di PHK, Buruh Jepang Gantung Diri
yang jatuh besok, Jumat 1 Mei 2015. Mereka akan turun ke jalan di pusat kota Jakarta menuntut perbaikan nasib.
Demo Buruh, DPR: Bikin Aturan Berpihak Pekerja Lokal

Mengantisipasi aksi massa besar-besaran itu, operator Bus Transjakarta akan mengalihkan jalur. "Ini mengikuti kondisi besok," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, ANS Kosasih, di Jakarta, Kamis 30 April 2015.


Selain mengalihkan jalur, petugas lebih dulu memperlambat jalan bus. Namun, jika tetap tidak memungkinkan, baru dialihkan atau memperpendek jalur.


Dia memperkirakan ada beberapa jalur yang akan terdampak, di antaranya Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), Layanan BKTB (PIK-Monas, Ragunan-Monas, dan PGC-Grogol).


Berikut rekayasa yang akan dilakukan Transjakarta terhadap layanan yang bersinggungan dengan aksi May Day:


1. Layanan Koridor 1 akan mengalami perlambatan yang dilakukan secara situasional oleh polisi. Bila massa terus bertambah, dilakukan perpendekan jalur menjadi Kota-Harmoni dan layanan dari Blok M-Monas ditutup sementara mengikuti perkembangan lajur jalan.


2. Rute Ragunan-Monas menjadi Rute Ragunan-Dukuh Atas, namun dilakukan secara situasional.


3. Layanan Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) secara situasional menjadi dari Pulogadung-Harmoni dengan layanan normal atau dari Harmoni menuju Pulogadung melalui Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulogadung.


4. Layanan Koridor 9 mengalami pengalihan yaitu dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui GTO Cawang dan keluar di GTO Slipi. Untuk halte yang tidak dilayani yaitu Halte Cikoko, Stasiun Cawang, Halte Tebet BPKM, Halte Pancoran Tugu, Halte Pancoran Barat, Halte Tegal Parang, Halte Kuningan Barat, Halte Gatsu Jamsostek, Gatsu LIPI, Semanggi, Senayan JCC, dan Halte Slipi Petamburan.


5. Layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni.


6. Rute PGC-Grogol melalui GTO Cawang keluar di GTO Slipi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya