Pemudik Lebaran dengan Bus Diprediksi Turun

Rombongan Mudik Gratis ARB tiba di Terminal Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Terminal Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) Kalideres, Jakarta Barat, sudah bersiaga untuk menyambut arus mudik menjelang bulan puasa dan Lebaran pada Juni-Juli 2015.

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

Terminal yang terletak di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, ini biasanya setiap tahun selalu ramai didatangi calon penumpang arus mudik.

Setiap tahunnya, tak kurang dari 40 ribu penumpang memadati terminal Kalideres, jika menjelang Lebaran, dengan 3.000 bus yang mengangkut penumpang. Tak kurang dari 500 bus berangkat setiap harinya.

"Namun, tahun ini sepertinya jumlah penumpang akan turun. Bus sekarang hanya angkutan alternatif, masyarakat lebih memilih naik kereta api dan pesawat yang sudah banyak tiket murah," kata Staf Tata Usaha Terminal AKAP Kalideres, Iwan Rukiyadi.

Dia menjelaskan, penurunan jumlah penumpang disebabkan program-program Mudik Gratis yang banyak dilakukan oleh pemerintah dan swasta, sehingga minat penumpang naik bus PO semakin menurun setiap tahunnya.

Dalam menyambut musim mudik tahun ini, pihak terminal sudah mempersiapkan kelengkapan, berupa surat-menyurat, agar bus yang hilir mudik masuk terminal menjadi tertib.

Bus pariwisata sekarang bahkan sudah tidak diperbolehkan lagi masuk ke terminal, kecuali ada event-event tertentu. Iwan mencontohkan, bus Jawa-Bogor hanya boleh sampai Bogor, tidak boleh memasuki terminal di wilayah Jakarta.

Khusus untuk bus yang berangkat mengantar penumpang mudik, harus dilengkapi dengan STUK (Surat Tanda Uji Kendaraan), jika tidak memiliki, bus tidak boleh jalan karena melanggar administrasi.

Ayobis.com, Cara Mudah Pesan Tiket Bus

Sementara itu, mengantisipasi lonjakan penumpang dan keterlambatan bus, biasanya masing-masing PO sudah menyediakan bus cadangan agar penumpang tidak telantar.

Iwan juga mengatakan, nantinya menjelang ramainya arus mudik, biasanya terminal Kalideres akan mendirikan posko kesehatan gratis, dan juga setiap tahunnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) akan mendirikan pos tes urine bagi sopir.

"Sopir yang akan berangkat harus dilengkapi surat lulus tes urine dari BNN, agar keselamatan penumpang terjaga" kata Iwan. (art)

Kapal Roro Baru Milik ASDP

Puncak Arus Pemudik Kapal Diprediksi Malam Ini

Jumlah penumpang diperkirakan masih akan terus bertambah

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2015