6,6 Juta Warga Jakarta Mudik Tahun Ini

Mudik ANTV
Sumber :
  • Dok ANTV

VIVA.co.id - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Edison, mengatakan, bahwa jumlah pemudik yang berasal dari daerah Jakarta tahun ini terhitung sebanyak 6.544.631 orang. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang melakukan mudik dengan menggunakan sarana transportasi sepeda motor.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

"Jumlah pemudik tahun ini kami hitung ada 6.544.631 orang, ditambah dengan sepeda motor ada 121.343. Tetapi jumlah sepeda motor itu masih diperkirakan, karena  sepeda motor sulit untuk dipantau," ujar Edison saat dihubungi VIVA.co.id Selasa 21 Juli 2015.

Edison menjelaskan, total jumlah pemudik yang memilih untuk pulang ke kampung halaman dengan fasilitas angkutan umum dan kendaraan pribadi, termasuk moda kendaraan pesawat terbang, dinyatakan meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya.

Mobil Pemudik Terbalik Masuk Tambak

"Yang angkutan umum, pesawat dan kendaraan pribadi meningkat 2 persen. Lalu pemudik dengan moda kereta api meningkat 1,4 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, arus balik ke Jakarta diperkirakan juga akan ikut meningkat, hingga angka 60-70 ribu orang.

Arus Balik di Tanjung Perak Diprediksi Sampai H+30

"H+14 baru akan terlihat data terbaru mengenai jumlah arus balik. Untuk pendatang, akan terhitung pada H+7. Diperkirakan arus balik meledak pada H+7 nanti," ujar Edison.

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Menurutnya, tantangan besar untuk menurunkan angka kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2015