Libur Lebaran, Stasiun Jakarta Kota Dipadati Wisatawan

Pemudik jalur mudik musim mudik arus balik
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Puncak Arus Pemudik Kapal Diprediksi Malam Ini
- Sisa waktu liburan yang hanya tinggal satu hari ini ternyata masih dimanfaatkan oleh warga yang ingin bepergian ke tempat destinasi wisata dengan menggunakan moda kendaraan kereta api melalui jasa transportasi kereta commuter line. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mencatat, Stasiun Jakarta Kota menjadi salah satu Stasiun yang paling dipadati penumpang KRL.

Tak Terima Dirazia, Tukang Ojek di Kebayoran Lama Mengamuk

"Pada libur Lebaran tahun ini, jumlah penumpang di stasiun Jakarta Kota terus meningkat, mencapai 40 ribu pengguna setiap harinya," kata Humas PT KCJ Eva Khairunisa, Selasa 21 Juli 2015.
Luar Biasa, Stasiun Ini Bak Istana


Eva mengatakan, peningkatan atas membludaknya jumlah penumpang KRL dari stasiun Kota tersebut terjadi karena letaknya yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata dan pusat perniagaan seperti Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Mangga Dua, Glodok dan lainnya.


Karenanya, untuk menghindari kepadatan dan antrian panjang di Stasiun Jakarta Kota, PT KCJ memberikan himbauan kepada para penumpang yang ingin menuju ke tempat wisata maupun perniagaan agar menggunakan alternatif stasiun yang letaknya tidak jauh dari sana.


"Seperti Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, dan Sawah Besar," katanya.


Selain itu, ia menjelaskan, membludaknya penumpang di stasiun Jakarta Kota merupakan hal yang lumrah dan selalu trejadi setiap musim liburan datang, terlebih saat ini adalah pekan liburan panjang karena perayaan besar Hari Raya Idul Fitri. Kepadatan stasiun juga bertambah karena masih banyaknya pengguna KRL yang menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB).


"Sehingga kerap menimbulkan antrian di loket pada saat penumpang melakukan pembelian tiket satu kali jalan dan pengembalian uang jaminan," kata Eva.


Ia melanjutkan, PT KCJ juga telah membuka loket tabahan sebanyak 4 titik dari 8 loket permanen yang ada. "Loket tersebut bersifat sementara untuk mengurai antrian di Stasiun Jakarta Kota," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya