Ketika Ahok Dimaki-maki Warga

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Ibarat Lagi Turing, Pembalap Honda Luca Marini Jadi Sweeper Terus di MotoGP
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi pihak yang dimaki warga saat bus TransJakarta lama tiba di halte busway.

"Orang maki-maki ke saya tahu enggak? Saya dikirimi SMS, 'Pak! Saya sudah dua jam nunggu enggak ada bus!'," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, menceritakan pengalamannya saat meluncurkan menu 'Go-Busway' di aplikasi Gojek di Balai Kota DKI, Rabu, 28 Oktober 2015.

Sebagian Besar Jakarta Cerah Berawan Pagi Hari Ini

Ahok mengatakan hal tersebut dikarenakan kurangnya armada bus TransJakarta. Maka dari itu, Pemerintah Provinsi DKI berencana terus melakukan pengadaan.

Hingga tahun ini sebanyak 31 unit bus TransJakarta baru bermerek Scania akan dioperasikan. Pemerintah Provinsi DKI juga terus berusaha menggandeng perusahaan angkutan seperti Kopaja untuk mengoperasikan bus di jalur busway.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 13 Mei 2024

Ahok juga mengatakan, para pengguna TransJakarta kerap kesal karena tidak ada kepastian mengenai kedatangan bus yang akan mereka gunakan. Maka dari itu, P. Transportasi Jakarta ditugasi bekerjasama dengan PT Telkom untuk memasang perangkat on board unit (OBU) di tiap bus.

Hasilnya, pada hari ini, berkat perangkat OBU, posisi bus TransJakarta di delapan koridor bisa terpantau melalui aplikasi Go-Jek dan Jakarta Smart City. Tidak hanya posisi, pengguna juga bisa memantau nomor, arah, dan kecepatan bus yang melaju.

Bahkan, melalui aplikasi QLUE Transit yang diluncurkan juga pada hari ini, pengguna bisa memantau kepadatan bus dan halte.

Dengan begitu, Ahok mengatakan, tidak ada lagi alasan bagi jajaran direksi PT Transportasi Jakarta untuk tidak bisa lagi memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna.

TransJakarta harus memberi sanksi saat operator diketahui tidak mengoperasikan busnya karena telah diberi pembayaran dengan sistem rupiah per kilometer.

Hal tersebut pernah terjadi beberapa waktu yang lalu saat beberapa bus Koridor 9 yang dioperasikan operator PT. Bianglala Metropolitan ditemukan diparkir di seberang halte BKN.

Bila dengan adanya sistem ini PT. Transportasi Jakarta tidak segera menindak operator-operator yang nakal, Ahok mengatakan, maka jajaran direksi BUMD yang mulai resmi beroperasi di awal tahun 2015 itu terancam akan dievaluasi dari jabatannya pada tahun mendatang.

"Saya harap dengan adanya solusi teknologi seperti ini, direksi enggak ada alasan lagi. Kalau ada alasan, tahun depan saya ganti direksi," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya