Jelang Natal, Pengamanan Gereja di Jakarta Mulai Diperketat

Gereja Katolik Katedral
Sumber :
  • Foe Peace
VIVA.co.id
Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru
- Jelang perayaan Natal pada 25 Desember mendatang, pemerintah kota Jakarta Pusat mulai memperketat keamanan gereja-gereja yang akan digunakan untuk ibadah umat Nasrani tersebut. Bahkan, keamanan ditingkatkan dengan menggandeng Kepolisian dan TNI.

Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan
Wali Kota Jakarta P‎usat Mangara Pardede menjelaskan, setidaknya ada tiga gereja yang perlu prioritas penjagaannya jelang Natal 2015. Gereja-gereja tersebut, yakni Gereja Katedral, Sawah Besar, Gereja Immanuel, Gambir, serta Gereja Katedral Mesias Reformed Millennium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran.

Naik Andong Keliling Lewat Istana Negara? Ini Harganya
‎"Pengamanan perlu ditingkatkan mengingat instruksi dari kapolda bahwa Jakarta salah satu sasaran dari ISIS (Islamic State of Iraq and al-Sham), makanya penjagaan dilakukan sinergis," katanya di kantor wali kota Jakarta Pusat, Selasa 15 Desember 2015.

‎Menurut dia, pengamanan juga akan dilakukan ‎di seluruh gereja yang ada di delapan kecamatan di Jakarta Pusat. Dia juga minta camat, lurah, masyarakat, serta tokoh agama yang ada membantu untuk menjaga kondusivitas keamanan daerah masing-masing. 

"Jika melihat dan mendengar informasi orang atau kelompok yang berniat bikin rusuh segera lapor ke aparat keamanan," tegasnya.

Sementara itu, Wakapolres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi, Roma Hutajulu menambahkan, pengamanan sudah disiapkan untuk mengatasi semua potensi ancaman yang ada. Di sejumlah gereja yang jadi prioritas, akan dilengkapi pos pengamanan terpadu.

‎"Langkah-langkah proaktif terus dilakukan, kami akan antisipasi berbagai bentuk tindakan kejahatan untuk memberi rasa aman bagi warga," ujar Mangara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya