Malam Tahun Baru, Car Free Night Jakarta Mulai Pukul 17.00

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru
- Perayaan Natal dan pergantian tahun tinggal menghitung hari. Pihak kepolisian sudah menyiapkan pengamanan agar dua perayaan ini berjalan dengan aman dan kondusif, khususnya di Jakarta. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian optimistis perayaan Natal 2015 dan pergantian tahun baru 2016 berjalan aman.

"Kami sangat optimistis, Natal dan tahun baru dapat direncanakan dengan aman," ujar Tito kepada wartawan usai gelar rapat koordinasi menjelang Operasi Lilin Jaya 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jumat 18 Desember 2015.

Introspeksi Diri pada Tahun Baru

Guna mempersiapkan semuanya, Tito menambahkan, akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait seperti TNI dan Pemprov DKI.

"Khusus tahun baru, rencananya akan dipusatkan di Ancol, sehingga dibuat rencana pengamanan sendiri. Rencana sudah ada yang kasar. Tapi, detail akan dirapatkan dulu dengan teman-teman panitia di Ancol. Apakah nanti ada kantong parkir, sehingga masyarakat hanya jalan kaki dan tidak ada kemacetan," katanya.

Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan

Kemudian, dari hasil rapat tersebut, Tito mengungkapkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat memaparkan akan ada acara car free night.

"Pemprov melalui Pak Wagub memaparkan pada malam tahun baru ada acara Car Free Night jam 5 sore sampai pagi," ujarnya.

Artinya, dia melanjutkan, warga akan bebas jalan di situ. Tapi, bedanya, tahun dulu ada 7 titik hiburan. Sementara itu, hingga saat ini, infonya tidak ada tempat hiburan, sehingga masyarakat bebas jalan kaki untuk rayakan tahun baru.

"Kami lakukan pengamanan gabungan antara polisi, Kodam, dan pemda. Termasuk petugas kesehatan dan damkar," ujarnya.

Selain itu, mantan kapolda Papua tersebut mengungkapkan, akan melakukan rapat koordinasi dengan pengelola tempat hiburan saat perayaan pergantian tahun baru 2016.

"Rapat khusus nanti akan disampaikan tanggal 24 Desember di pemda. Mengundang semua pengelola tempat hiburan, hotel, hiburan malam. Diperkirakan, Ancol, Monas, Kota Tua, Ragunan akan diserbu masyarakat. Kami berharap dengan langkah ini untuk menyamakan persepsi," katanya.

Untuk diketahui, Operasi Lilin Jaya 2015 akan dilaksanakan pada 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016. Operasi ini dilakukan untuk mengamankan perayaan Natal 2015 dan pergantian tahun baru 2016.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya