Prediksi Puncak Kemacetan Arus Balik Libur Panjang

Ilustrasi: Kemacetan di Tol Ciawi.
Sumber :
  • Anggi Kusumadewi/VIVAnews
VIVA.co.id
Demo 4 November, Tol Dalam Kota Kosong
- PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebagai pengelola jalan tol, memprediksi puncak kemacetan arus balik libur panjang akan terjadi pada Sabtu malam, 26 Desember 2015. Libur natal tahun ini memang dimanfaatkan untuk liburan atau pulang ke kampung halaman.

Tak Tahan Macet, Pejabat Ini Pilih Dibonceng Polisi

"Puncaknya, Sabtu malam atau malam Minggu. Akan ada peningkatan lalu lintas, karena hari Senin sudah pada mulai kerja, tapi enggak separah mudik, atau mungkin tidak seperti kemarin," kata Poniman, Kepala Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) kepada
Mobil Pick Up dan Dua Motor Gede Terbakar di Kemayoran
VIVA.co.id di kantornya, Jumat 25 Desember 2015.


Ia mengatakan, setiap tahunnya memang kerap terjadi kepadatan lalu lintas di ruas tol ketika libur Natal dan tahun baru. Namun kepadatan masih lebih rendah dibanding hari Lebaran atau libur Idul Fitri yang dipergunakan masyarakat untuk mudik.


"Kalau peningkatan, kali ini mungkin akan terjadi di gerbang Tol Cikopo, lalu di Gerbang Tol Palikanci, dan di Gerbang Tol Cikampek, Serta di Gerbang Tol Pasteur arah ke Jakarta, saya perkirakan akan ada sedikit antrean lalin," kata dia.


Namun demikian, ia belum bisa memberikan informasi terkait jumlah kendaraan yang beredar di jalan tol. Sejauh ini, kepadatan kendaraan di jalan tol sudah mulai terurai.


"Kalau jumlah kendaraan, saya belum mendapatkan informasinya, tapi jumlah kepadatan biasanya hanya di gerbang bersangkutan. Memang 3 hari menjelang Natal ini meningkat, semalam pukul 18.00 Senayan, Semanggi Cawang, memang cukup padat, memang banyak
complain
ke kita," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya