Polisi yang Diduga Hina Jokowi di Facebook 'Menghilang'

Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Akun Facebook bernama Cinde Ary Bhakti bikin heboh jagat maya sepekan ini. Penyebabnya, Facebook tersebut mengunggah status bernada hinaan terhadap Presiden Joko Widodo. Menariknya, foto profil bergambar pria tampan berseragam polisi.

yang kini bertugas di PJR Ditlantas Polda Jatim, Brigadir Cinde Ary Bhakti. Facebook itu dibajak hacker sejak tiga bulan lalu.

Kata Kapolda Jatim Soal Akun Facebook Anak Buah Hina Jokowi

Sejak itu, Facebook tersebut dipakai hacker berbuat jahat seperti penipuan. Dan terakhir postingan bernada menghina Jokowi.

Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim sudah mengklarifikasi Cinde sejak Minggu malam, 27 Desember 2015. Disimpulkan bahwa benar akun miliknya sudah dikendalikan penjahat siber. "Masih didalami," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi RP Argo Yuwono, Selasa, 29 Desember 2015.

Dua hari VIVA.co.id coba menemui Brigadir Cinde di baraknya di PJR Polda Jatim, namun belum berhasil. Argo juga menyarankan agar menanyakan perkembangan kasus ini kepadanya saja, tidak langsung ke Cinde. "Ke saya saja," kata dia.

Tadi pagi, VIVA.co.id coba terus berusaha menemui Cinde untuk meminta keterangan secara langsung soal pembajakan akun Facebooknya hingga berujung postingan bernada menghina Jokowi. "Tidak ada yang namanya anggota Cinde," kata seorang anggota Ditlantas Polda Jatim ditemui di barak PJR.

Ajun Komisaris Polisi Suripto, rekan Cinde yang betugas di PJR, menyampaikan bahwa hari ini Cinde lepas dinas. Dalam lingkungan kepolisian, lepas dinas berarti hampir sama dengan libur. "Dia lepas dinas dan pulang ke rumahnya di Blitar. Besok dinas lagi," katanya dihubungi wartawan.

Direktur Ditlantas Polda Jatim, Komisaris Besar Pol Verdianto Iskandar Batticaca, mengatakan, lepas dinas dalam lingkungan kepolisian berlaku dalam bertugas, tapi di luar hari libur. "Mungkin Cinde memang lagi lepas dinas," ucapnya.

Seperti diberitakan, beberapa hari ini netizen dihebohkan dengan akun Facebook yang diduga milik seorang anggota Polri yang membuat postingan bernada hinaan terhadap Presiden Jokowi. Hinaan tersebut di-posting pada 20 Desember 2015 melalui akun Facebook Cinde Ary Bakhti.

Setelah ditelusuri, akun Facebook tersebut benar milik Bripti Cinde Ary Bhakti, tapi sudah dibajak dan dikendalikan hacker sejak tiga bulan lalu. Berdasarkan penyelidikan Cyiber Crime Polda Jatim, diduga pelaku yang memanfaatkan FB tersebut untuk berbuat kejahatan lebih dari seorang. Hacker yang mengunggah status hinaan terhadap Jokowi sementara ini terlacak di Sumatera Utara.

Status Terakhir Facebook Polisi Cinde Sebelum Heboh

Facebook Briptu Cinde Ary sempat heboh dengan status hina Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2015