Polisi Sita Terompet Berkaligrafi Muhammad

Terompet pakai ketas Al-quran di Bekasi
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Hary Fauzan (Bekasi)

VIVA.co.id - Setelah ramai muncul terompet bersampul Alquran di Kendal, Jawa Tengah, kini terompet bertulisan Arab muncul di Glodok, Jakarta Barat. Meski tidak bersampul Alquran, namun sejumlah terompet bertuliskan Arab disita polisi di kawasan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Didik Sugiarto, membenarkan adanya razia tersebut.

Awas, Terompet Bisa Menyebarkan Virus dan Penyakit Berbahaya

"Ya, ini untuk mengantisipasi saja," ujar Didik singkat saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 29 Desember 2015.

Ketika ditanya mengenai detail penggeledahan tersebut, Didik belum bisa berbicara banyak. Namun, sejauh ini, lanjut dia, belum ditemukan adanya terompet bersampul Alquran seperti yang ramai beredar di Kendal.

"Bukan sampul Alquran, tapi kaligrafi berlafal Muhammad," katanya.

Sejumlah lapak yang menjual terompet diperiksa polisi. Sejumlah terompet disita petugas di lokasi tersebut dan tempat penjualan diberi garis polisi.

"Nanti saja lengkapnya kalau sudah akurat datanya," kata Didik.

Sementara itu, salah satu pedagang terompet bernama Mantra mengaku tidak tahu menahu tentang adanya tulisan huruf Arab berkaligrafi di bagian pembungkus luar dan dalam terompet.

"Saya enggak tahu ini ada tulisan Alqurannya. Ini semua dapat dari pedagang di Cikarang," kata Mantra di lokasi, Selasa 29 Desember 2015.

Meski demikian, Mantra dan beberapa pedagang lainnya yang turut menjual terompet berlafal huruf Arab tetap digiring ke Polsek Tamansari untuk dilakukan penyelidikan. (one)

Pengurus Majelis Permusyarawatan Ulama Lhokseumawe, Aceh, menunjukkan contoh terompet berbahan baku kertas mushaf Alquran hasil temuan polisi pada Kamis dini hari, 31 Desember 2015.

Terompet Kertas Alquran Dikhawatirkan Picu Konflik

"Tolong hargai kerukunan antarumat beragama."

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2015