Tahun Baru Di Kota Tua, Perhatikan Pengalihan Arus

Libur Imlek, Kota Tua Tetap Ramai Wisatawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru
- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merayakan pergantian malam tahu baru 2016 yang terpusat di Ancol, Jakarta Utara. Namun, sejumlah tempat lain juga dipastikan akan dipadati masyarakat yang akan menikmati pesta kembang api.

Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan

Guna mengantisipasi kemacetan, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan malam bebas kendaraan bermotor (Car Free Night) di dua tempat, yakni di Bundaran Hotel Indonesia dari sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin dan di kawasan Museum Kota Tua. Sejumlah ruas jalan menuju dua lokasi itu akan dilakukan sterilisasi dari kendaraan bermotor.
Naik Andong Keliling Lewat Istana Negara? Ini Harganya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Mohammad Iqbal mengatakan, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Barat akan melakukan penutupan lalu lintas mulai pukul 16.00 WIB hingga 05.00 WIB di kawasan Kota Tua. Meski demikian, bila pukul 02.00 WIB Jumat dini hari 1 Januari 2016 kondisi lalu lintas sudah kondusif maka akan dilakukan pembukaan penutupan jalan.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Barat ini juga menghimbau kepada warga yang hendak merayakan pergantian malam tahun baru 2016 di kawasan ini menggunakan layanan bus TransJakarta. Selain itu warga juga bisa menggunakan Kereta Api Commuter Line Jabodetabek (KCJ).

"Kota Tua mulai kami tutup jalannya bagi kendaraan bermotor mulai pukul 16.00 WIB hingga 05.00 WIB. Pengunjung diharapkan menggunakan TransJakarta saja," ujarnya menambahkan.

Untuk parkir, pengendara kendaraan bermotor bisa memarkirkan kendaraannya di parkiran gedung-gedund di sekitar Glodok atau Hayam Wuruk. Seperti parkiran di LTC Glodok, Pasar Pagi Asemka, Gedung HWI, bawah jalan layang Asemka, Harco/ITC Mangga Dua. 

Jika Anda salah satu dari warga yang hendak menghabiskan malam sekaligus merayakan pergantian malam tahun baru 2016, perhatikan ruas jalan yang akan dilakukan pengalihan arus.

Berikut pengalihan arus lalu lintas kawasan wisata Kota Tua :


1. Kendaraan dari Jalan Harmoni menuju Kota Tua tidak dapat melintas karena polisi serta petugas Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) akan menutup total jalan. Jalan hanya diperuntukan bagi pejalan kaki. Alhasil kendaraan dibelokkan ke Jalan Pancoran atau putar balik ke arah Jalan Hayam Wuruk di putaran Glodok.

2. Kendaraan dari Jalan Pancoran menuju Kota Tua pun dialihkan ke Jalan Hayam Wuruk atau putar balik lagi ke Jalan Pancoran.

3. Kendaraan dari Jalan Mangga Dua menuju Kota Tua dan Jembatan Lima dialihkan ke Jalan Pintu Besar Selatan atau Jalan Hayam Wuruk.

4. Kendaraan dari arah Cideng, Jembatan Dua atau Toko Tiga tak bisa dilintasi dan diimbau memutarbalik kendaraan.

5. Kendaraan dari arah Jalan Pancoran atau Pasar Pagi dialihkan ke Jalan Roa Malaka.

6. Kendaraan dari arah Jalan Cengkeh menuju Kota Tua dialihkan ke Jalan Kopi - Jalan Gedong Panjang.

7. Kendaraan dari arah Jalan Tiang Bendera menuju Jalan Kali Besar Barat dialihkan ke Jalan Ekor Kuning.

8. Kendaraan dari Jalan Lodan atau Kampung Bandan menuju Kota Tua diimbau putar balik.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya