Polda: Sianida Cuma Singgah di Lambung Mirna

Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Yanuar Nugraha

VIVA.co.id - Misteri kematian Wayan Mirna Salihin (27 tahun) perlahan mulai terungkap. Polisi sudah memastikan bahwa kopi yang diminum Mirna dan lambungnya mengandung sianida.

Munculnya zat sianida memang cukup menarik perhatian dalam kematian Mirna. Saat ini pertanyaannya, apakah sianida dapat dibeli dengan bebas atau tidak.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, mengatakan, seharusnya sianida tidak dijual dengan bebas dan seharusnya dibeli di apotek dan toko kimia tertentu.

"Sianida tidak dijual bebas harusnya, dia ada di apotek, toko kimia tertentu dengan harus ada izin tertentu. Tapi, Indonesia kan kadang-kadang, coba cek toko apotek Anda beli obat tanpa resep, bisa enggak? Bisa kan? Itu jawabannya," ujar Krishna kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 19 Januari 2016.

Baca juga:
Dalam pemeriksaan kopi dan hasil autopsi yang dilakukan pihak kepolisian, memang ditemukan kerusakan di lambung Mirna akibat sianida, tetapi tidak ditemukan di empedu, hati dan urine.

"Lukanya di lambung, lambungnya itu kena zat korosif. Yang diperiksa hati, empedu, lambung dan urine. Tapi hati, urine dan empedu tidak mengandung sianida," katanya.

Dia pun menjelaskan, alasan mengapa hanya lambung yang terdeteksi mengandung sianida, sedangkan hati, empedu dan urine tidak.

"Kalau kena lambung belum sempat disalurkan ke bagian lain sudah mati. Kalau mati kan metabolisme tubuh setop, yang lebih parah lagi, dia sudah diformalin untuk diawetkan. Kemarin, saya ditegor sama Puslabfor kenapa diautopsi tapi diformalin, itu sudah bagus mau autopsi. Keluarga kan sebelumnya tidak mau setelah diformalin baru orangtua mau. Jadi yang terbaik autopsi sebelum formalin tapi masih dapat bukti. Saya lihat ditemukan kandungan sianida di lambung itu," ungkapnya.

Dia pun memastikan sampai saat ini belum ada tersangka atau potensial suspect. "Belum tenang aja, nanti diumumin kok," ujarnya.

Pengacara Jessica Ragukan Jumlah Sianida di Tubuh Mirna

Baca juga:

Jessica Kumala Wongso

Jessica Terdakwa Kasus Kopi Sianida Jalani Sidang Kesebelas

Pengacara Jessica mengaku tak ada persiapan khusus.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016